Tips Sukses Ternak Bebek Bagi Pemula

ternak bebek
ternak bebek

Ternak unggas merupakan salahsatu contoh usaha yang bisa dilakukan di wilayah pedesaan, cocok di lokasi pedesaan karena biasanya wilayah pedesaan memiliki banyak lahan yang kosong selain kebun. Lahan yang relative banyak tersebut bisa dimanfaatkan untuk berternak unggas, dalam kesempatan kali ini akan membahas mengenai ternak bebek yang saat ini lumayan banyak peminatnya di Indonesia. Kalau melihat cukup banyaknya pengusaha yang menggeluti bisnis ternak bebek ini maka kita akan bisa mendapatkan beberapa pilihan yang bisa diambil, misal ternak bebek pedaging, peternak maupun sekedar menyediakan bibitnya saja.  Tentunya akan banyak pembahasan mengenai peluang usaha ini ini jadi tetap stay tune pada artikel ini sampai habis.

Syarat awal menggeluti bisnis apapun termasuk ternak bebek ini adalah memiliki modal yang cukup, mari kita mulai dari rincian biaya apa saja yang nantinya akan dialokasikan.

kandang bebek
kandang bebek
  • Pembuatan Kandang

Pembuatan kandang untuk ternak bebek ini disarankan dibangun pada area tanah maupun semen yang atasnya diberi sekam padi, opsional. Kemudian luasnya sendiri menyesuaikan banyaknya bebek yang akan menempatinya, menurut beberapa pengusaha dalam 1 m2 idealnya ditempati oleh 3-4 ekor bebek agar terdapat ruang yang cukup untuk bebek bisa bergerak. Kemudian bangun tembok disis kanan kiri depan belakang dan 2 pintu keluar masuk, kenapa harus 2 pintu ? Alasannya 1 pintu bagian depan untuk kita mobilitas pemantauan dan 1 pintu belakang untuk keluar masuknya bebek dari halaman belakang. Biasanya dalam 1 pettak kandang bebek disisakan ruang sedikit dibagian belakang untu membuat semacam kubangan kecil untuk bebek agar menyerupai habitat aslianya. Baik untuk biaya kita taksir saja -+ 3,5 – 4 juta, alokasinya digunakan membeli batubata, semen, pasir, genteng,kayu, dll.

bibit bebek
bibit bebek
  • Pembelian Bibit

Bibit merupakan salahsatu hal yang penting dan wajib dipikirkan oleh setiap pengusaha yang akan menggeluti bisnis ternak bebek ini. Dipasaran saat ini jenis bebek yang paling banyak diminati adalah bebek peking, bebek serati dan bebek hibrida, ketiganya merupakan bebek pedaging yang memiliki nilai jual yang baik. Istilah dari bibit ini yaitu DOD (Day Old Duck) atau bebek yang baru menetas, tentunya DOD yang baik berasal dari indukan yang berkualitas. Saat ini banyak penjual DOD berbagai macam jenis bebek diberbagai kota seperti Mojokerto dan Kediri yang dikenal merupakan sentra budidaya bebek dikawasan Jawa Timur. Untuk biaya pembelian bibit ini estimasi sekitar 2 – 2,5 juta.

pakan bebek
pakan bebek
  • Pakan

Pakan merupakan kebutuhan sehari-hari yang wajib disediakan untuk bebek, pakan yang cocok untuk bebek yaitu dedak dan nasi aking, kedua bahan utama tersebut banyak dijumpai dipedesaan sehingga rasanya tidak terlalu sulit didapatkan, estimasi biaya sekitar 1 juta per bulannya

vaksin bebek
vaksin bebek
  • Vitamin dan Vaksin

Dalam beternak bebek tentunya kan banyak hambatan dan kendala ketika banyak bebek yang mati karena terserang oleh penyakit, oleh karena itu kita wajib membeli vitamin dan vaksin ND/IB, ND Clone, ND Lasota, untuk detailnya bisa kunjungi toko peternakan terdekat dan minta saran saja kepada penjualnya. Perkiraan biaya yang dikeluarkan untuk vitamin dan vaksin ini adalah 300 ribu.

Baca Juga: Peluang Usaha Rumah Potong Ayam

Untuk teknis dalam kegiatan operasional bisnis beternak bebek ini lebih baik bertanya kepada pengusaha ternak bebek yang sudah berjalan dan sukes, karena kalua hanya mengandalkan pengetahuan dari artikel saja sepertinya tidak cukup, untuk itu artikel ini dijadikan sebagai referensi dasar saja. Demikianlah ulasan singkat mengenai tips sukes ternak bebek

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*