Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami

menurunkan berat badan
menurunkan berat badan/sumber:shutterstock.com

Memiliki tubuh proporsional dan ideal menjadi dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita. Seseorang akan dianggap “sehat” ketika bentuk tubuh yang sempurna, maka dari itu banyak orang berlomba-lomba untuk itu. Obesitas mungkin menjadi momok bagi setiap orang terlebih untuk wanita, biasanya kaum hawa lebih sensitive soal hal ini karena ada sedikit bagian tubuh yang terlihat lebih besar dalam artian berlemak sedikit saja mereka akan mengetahuinya.

Sebaliknya pula jika seseorang memiliki berat badan terlalu rendah juga tidak menarik untuk dipandang, menurunkan berat badan menjadi opsi satu-satunya.. Menurut hasil riset yang dirilis oleh Riskesdas (Rist kesehatan dasar) pada tahun 2018 menyebutkan bahwa angka obesitas di Indonesia diatas umur 18 tahuh mencapai 21,8%, selain juga masalah gizi buruk juga menjadi sorotannya. Sebenarnya da banyak cara untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, tidak harus “menyiksa”tapi dengan mulai membiasakan beberapa hal berikut ini:

makanan berprotein
makanan berprotein                                    sumber: shutterstock.com

Memilih Makanan Mengandung Banyak Protein

Dalam hal penurunan berat badan, protein merupakan sumber nutrisi yang paling baik untuk menggantikan karbohidrat, kebanyakan masyarakat di Indonesia mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, contohnya nasi. Tubuh akan membakar kalori saat proses mencerna dan memetabolisme protein yang masuk, sehingga diet protein dapat meningkatkan metabolisme hingga 80 – 100 kalori. Makanan yang mengandung protein diantaranya daging ayam, sapi, keju, dll.

telur balado
telur balado                                                   sumber: shutterstock.com

Tambahkan Telur Sebagai Makanan Utama

Telur adalah salahsatu makanan penurun berat badan terbaik. Dengan harga yang murah, rendah kalori, tinggi protein dan sarat dengan segala macam nutrisi.

Telah penulis singgung diawal tips bahwa makanan berprotein dapat diandalkan sebagai penurun berat badan, maka contohnya Telur, makanan berprotein tinggi telah terbukti mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang, dibandingkan dengan makanan yang mengandung lebih sedikit protein

Selain itu, makan telur untuk sarapan dapat menurunkan berat badan hingga 30% selama 8 minggu jika dikonsumsi secara rutin, dibandingkan makan roti untuk sarapan. Ini juga dapat membantu Anda makan lebih sedikit kalori sepanjang hari.

makanan nabati
makanan nabati                                         sumber: shutterstock.com

Whole Food Plant Based Diet

Ini adalah sebuah istilah dari bahas Inggris yang jika diarikan dalam bahasa Indonesia maka menjadi Diet makanan utuh berbasis tanaman atau bisa disederhanakan lagi menjadi diet makanan nabati, telah kita ketahui bersama bahwa saebagian tanaman mengandung berbagai macam kanudngan gizi, Secara umum makanan yang dikonsumsi berupa sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan.

Tapi perlu diingat bahwa bukan berarti tidak diperkenankan untuik memakan daging ataupun nasi, melainkan tetap diperbolehkan namun dengan porsin yang sedikit. Walaupun mungkin diet nabait tidak menyebabkan rasa kenyang tapi yang terpenting adalah menghindari karbohidrat dan menggantikannya dengan zat gizi lain yang ada pada makanan nabati.

minum air
minum air                                                  sumber: shutterstock.com

Perbanyak Minum Air Putih

Ada sebuh penelitian yamng menyebutkan bahwa air putih dapat membantu menurtunkan berat badan, minum air putih sebanyak 500 ml dapat meningkatkan pembakaran kalori sebesar 24 – 30%. Minum air sebelum makan juga dapat menyebabkan penurunan asupan kalori, terutama untuk orang paruh baya dan lanjut usia, Air putih sangat baik untuk menurunkan berat badan saat menggantikan minuman lain yang tinggi kalori dan gula.

olahraga kardio
olahraga kardio                                       sumber: shutterstock.com

Lakukan Olahraga Kardio

Melakukan oleahraga kardio – baik itu lari, bersepeda, jalan cepat, atau hiking adalah cara yang bagus untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan mental dan fisik.Kardio telah terbukti meningkatkan banyak faktor risiko penyakit jantung. Ini juga dapat membantu mengurangi berat badan.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar Dari Penyakit

Kardio tampaknya sangat efektif dalam mengurangi lemak perut berbahaya yang menumpuk di sekitar organ Anda dan menyebabkan penyakit metabolisme. Anda bisa jadwalkan 2 kali dalam seminggu pada setiap sesinya berdurasi 2 jam saja sudah cukup

Sampai disini pembahasan mengenai tips menurunkan berat badan dengan alami, Sampai jumpa pada artikel selanjutnya !

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*