Tips Menghilangkan Milia Pada Area Bawah Mata

menghilangkan milia
menghilangkan milia/maleraffine.com

Apa itu Milia ?

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara menghilangkan milia, ada baiknya kita untuk megenal apa sebenarnya milia itu. Jadi Milia adalah suatu benjolan berukuran kecil berwarna putih yang timbul di area bawah mata, disebabkan oleh keratin (materi dasar penyusun kulit dan kuku manusai) yang terperangkap di dalam permukaan kulit manusia.

Milia berbeda dengan komedo yang berisi nanah. Bayi yang baru lahir sebagian beasar mengalaminya, juga beberapa anak di usia balita pada umumnya. Untuk orang dewasa biasanya akan timbul pada area bawah mata dan pipi. Di dunia media sebenarnaya Milia bukanlah merupakan suatu penyakit yang membahayakan. Hanya saja lokasinya yang berada di muka sedikit mengganggu penampilan Anda.

Berikut adalah tips yang bermanfaat bagi Anda yang ingin menghilangkan Milia

Penanganan Sederhana Terhadap Milia

Secara umum tidak ada perlakuan khusus ketika Anda mengalami Milia, Milia dapat hilang secara alami dalam kurun waktu tertentu namun untuk mempercepat hilangnya Milia Anda dapat mencoba beberapa cara berikut ini:

  • Bersihkan sel kulit mati pada area wajah khususnya bagian yang terdapat Milia, disekitar bawah mata ataupu pipi. Keratin memang banyak berada di area tersebut, jadi Anda perlu menyediakan sebuah waslap bersih kemudian rendam selama 3 menit di dalam air panas/hangat, setelah itu seka secara perlahan untuk mengangkat keratin dan sel kulit mati.
  • Lakukan spa uap, Anda bisa berdiam diri di dalam kamar mandi dengan menyalakan shower panas, jangan lupa untuk menutup rapat pintu kamar mandi agar menghasilkan uap yang maksimal untuk membuka pori-pori kulit.
  • Air bunga mawar dan masker madu dapat membantu mempercepat proses penghilangan Milia, caranya semprotkan air bunga kea rah wajah diamkan selama 5 – 10 menit sebanyak 3 kali sehati, begitu juga untuk madu bisa dibalurkan ke area wajah selama 5 – 10 menit sebanyak 3 kali sehari. Mawar dan madu mempunyai zat anti inflamasi yang baik untuk penyembuhan berbagai macam masalah kulit.
  • Hindari mencungkil atau mengorek benjolan Milia karena akan berdampak buruk, bisa terjadi peradangan atau infeksi lebih parah. Semua penanganan haruslah dengan prosedur yang halus tanpa menyakiti jaringan parut pada kulit wajah.

Penanganan Secara Medis Terhadap Milia

  • Ablasi Laser atau disebut fotoablasi adalah proses menghilangkan obyek pada permukaan wajah dengan menggunakan sinar laser, sinar laser akan mengikis Milia dengan mudah.
  • Unroofing dalam istilah kecantikan kulit adalah sebuah operasi kecil dilakukan oleh dokter spesialis kulit untuk menyayat bagian kulit dengan pisau atau jarum steril. Dokter bisa juga menggunakan laser karbon dioksida jika tidak menggunakan pisau ataupun jarum
  • Cyrotheraphy adalah terapi membekukan permukaan kulit (mukosa) menggunakan zat bernama Cyrogens terbuat dari nitrogen cair dan salju karbon dioksida. Beberapa kasus peradangan kulit menggunaskan metode ini.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Mental Saat Masa Sulit

Setelah kita bahas mengenai cara menghilangkan Milia diatas, ada baiknya jika Anda juga mengetahui langkah pencegahan untuk meminimalisir timbul dimasa depan.

  • Rajin membersihkan wajah dengan sabun kulit dan pelembab setiap mandi.
  • Gunakan serum wajah/krim malam dengan bahan dasar vitamin E sebelkum tidur.
  • Konsumsi suplemen vitamin E, B3 (Niacin) dan vitamin B kompleks.

Pesan kami lakukan cara diatas dengan benar jika masalah tak kunjung Anda perlu memeriksakannya ke dokter spesialis kulit terdekat.

Telah sampailah kita pada penghujung pertemuan pada pembahasan tentang cara menghilangkan Milia pada area bawah mata. Sampai jumpa pada artikel menarik selanjutnya

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*