Tips Memulai Usaha Freelance Desain Grafis Bagi Pemula

Memiliki pekerjaan yang bersifat sampingan, misalnya freelance desain grafis semakin diminati. Hal ini disebabkan banyaknya keuntungan yang didapat dibandingkan dengan bekerja di kantor. Namun, tantangan yang dihadapi seorang freelancer pun tidak mudah. Salah satu tantangannya adalah agar tetap produktif berkarya meski sedang sepi order. Kali ini akan dibahas tuntas mengenai tips memulai usaha sebagai freelance desain grafis. Jika Anda berminat untuk menekuni bidang ini, pantau terus penjelasannya berikut ini.

Tips Memulai Usaha Freelance Desain Grafis

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum merintis karir sebagai freelancer. Jika Anda tidak serius menekuni, maka hanya akan menemukan kegagalan dan ingin kembali ke dunia kantor. Pekerjaan freelance desain grafis akan membuat Anda bebas berkarya tanpa ada ikatan tertentu selain dengan klien. Namun, pendapatan yang diterima setiap bulan tidak tetap. Sedangkan professional terikat dengan industri dan mendapat gaji setiap bulan. Nah, simak tips di bawah ini agar Anda dapat menjalani freelance desain grafis sebaik mungkin.

  • Membuat Aturan

Karena bekerja secara mandiri, Anda perlu membuat aturan agar pekerjaan teratur. Jika tidak dibuat aturan sejak awal, Anda bisa keteteran dalam mengatur pesanan yang masuk. Anda harus memiliki aturan professional meski tidak bekerja dalam perusahaan. Aturan dibuat bukan dengan tujuan menyusahkan Anda, namun untuk mempermudah pekerjaan yang berhubungan dengan freelance desain grafis pemula.

Contoh aturan yang harus jelas sejak awal adalah metode pembayaran oleh klien. Khususnya mengenai waktu pembayaran serta caranya. Anda bisa menetapkan DP atau uang muka sebesar 50% dari harga total. Konsep desain diberikan jika sudah dilakukan pembayaran DP dan dicantumkan watermark. Jika nilai desain terbilang besar, buatlah surat perjanjian kerjasama yang ditandatangani oleh kedua belah pihak.

  • Konsisten Berkarya

Meskipun order sedang sepi, Anda harus tetap produktif untuk berkarya. Carilah inspirasi sebanyak mungkin dan pelajari tren yang sedang meluas di masyarakat. Semakin sering jam terbang dalam membuat desain, maka hasil desain juga akan semakin baik. Selain konsisten dalam merancang desain, cobalah untuk menggunggah hasil karya Anda secara rutin. Kerja sampingan desain grafis bisa menghasilkan asalkan Anda konsisten

  • Melakukan Branding

Untuk memperkenalkan keahlian Anda ke ranah professional, Anda perlu melakukan branding personal. Caranya adalah dengan membuat portofolio secara online. Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk menampilkan karya Anda, baik yang gratis maupun berbayar. Pajanglah karya terbaik yang pernah Anda buat. Anda juga bisa menonjolkan ciri khas dari desain Anda sehingga orang akan mudah mengingatnya. Anda juga bisa membuat akun di berbagai situs freelance desain grafis, seperti misalnya sribulancer.

  • Menentukan Tarif

Tarif desain harus ditetapkan sejak awal. Anda bisa membuat promo saat pertama kali membuka jasa. Namun, sebaiknya harganya sudah jelas. Tentukan harga yang sesuai untuk membayar waktu serta kreativitas yang diperlukan. Berikanlah harga yang kompetitif agar peminat tertarik menggunakan jasa Anda. Jika perlu, lakukan riset kecil-kecilan untuk mendapatkan harga yang tepat.

  • Komunikasi Efektif

Komunikasi dengan klien harus dilakukan sebaik mungkin. Di awal kontrak, pertanyakan bagaimana keinginan serta kebutuhan klien. Hal ini bertujuan agar Anda mudah dalam membuat konsep desain serta sesuai dengan keinginannya. Jika klien menyerahkan segala keputusannya pada Anda, berikan batasan seberapa banyak ia boleh meminta revisi hasil. Jika hasilnya sesuai dengan harapan klien, tentu saja akan memuaskan dan menjadi batu loncatan untuk job freelance desain selanjutnya.

Jika klien memiliki ide tersendiri, cobalah berdiskusi untuk mendapatkan jalan tengah. Jangan sampai ia tidak puas dengan hasil kerja Anda dan menolak membayar sisa harga. Jika komunikasi sejak awal sudah dilakukan dengan sebaik mungkin, proses pembuatan akan berjalan lancar tanpa adanya miskomunikasi. Selain itu, proses pembuatan pun bisa selesai lebih cepat.

  • Menyukai Pekerjaan

Poin penting lainnya adalah lakukan pekerjaan Anda dengan sepenuh hati. Bagaimanapun, Anda telah memilih jalan ini dibandingkan dengan bekerja di kantoran. Mencintai pekerjaan yang sedang Anda lakukan adalah salah satu keberhasilan dalam bisnis. Biasanya pekerjaan freelance desain grafis selalu disukainya karena merupakan pilihan berdasarkan passion. Kejenuhan memang tetap akan muncul, namun bisa diatasi tanpa harus menyebabkan pekerjaan berantakan.

Baca Juga: Melirik Peluang Bisnis Peternakan Domba Garut

Ada banyak situs yang mewadahi para desainer dalam mempromosikan karya Anda sebut saja Freelancer, Sribulancer, Project. Maka Anda tidak perlu khawatir mengenai keberlangsungan usaha karena memasarkan usaha yang tergolong bisnis online ini tergolong mudah. Sekian tips yang bisa kami bagikan untuk Anda yang baru memulai usaha ini. Sampai jumpa !

 

Add Comment