Tips Membangun Rumah Dengan Budget Minimalis

membangun rumah
membangun rumah/shutterstock.com

Membangun sebuah rumah saat ini menjadi tantangan bagi setiap orang, banyak disekeliling kita yang belum memiliki rumah sendiri, entah tinggal di rumah orang tua, kontrakan, kosan, dll. Kita semua tahu bahwa harga tanah saat ini memang tidaklah murah khususnya untuk yang berlokasi di perkotaan. Misalnya Jakarta, Surabaya dan Manado. Ketiga kota tersbeut memiliki tingkat fluktuasi harga tanah yang tinggi per tahunnya.

Tingginya harga tanah di beberapa kota tersebut tidak sebanding dengan rata-rata pendapatan per kapitanya. Hal ini tentu membuat Sebagian besar masyarakat yang berpenghasilan pas-pasan sangat sulit mewujudkan impiannya untuk membangun rumah sendiri. Perlu dicatat bahwa itu masih seputar harga tanah, belum dihitung biaya pembelian material yang juga tidak murah.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai tips membangun rumah dengan budget minimalis bagi Anda yang berpenghasilan dibawah 6 juta rupiah perbulannya. Gaji per bulan 6 juta ini diasumsikan bahwa Anda sudah berkeluarga sehingga nilai tersebut adalah pendapatan. Langsung saja ke poin-poin utama dibaewah ini.

Tabungan Mencukupi

Setiap orang yang berkeinginan untuk membeli sesuatu yang bernilai besar pasti setidaknya memiliki tabungan yang cukup, ketika Anda sudah bekerja di perusahaan dengan status tetap maka setidaknya harus bisa menyisihkan sekityar 30% dari total penghasilan per bulannya.

Misal Anda memiliki penghasilan 3 juta per bulan, maka Anda bisa tabung sekitar 900 ribu. selama 10 tahun maka perkiraan tabungan Anda mencapai 108 juta. Belum termasuk mungkin kenaikan gaji, bonus dan THR yang Akan Anda dapatkan selama bekerja

Pemilihan Lokasi

Tentu saja sebelum Anda merencanakan untuk membeli tanah untuk membangun rumah. Anda harus survey harga tanah terlebih dahulu. Semisal Anda tinggal di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, Anda tidak harus membeli tanah persis di kota tersebut, melainkan bisa mencarinya di kota/kabupaten tetangga yang selisihnya lumayan besar. Penting mempertimbangkan jarak rumah nantinya dengan posisi kantor, sebaiknya jaraknya tidak lebih dari 20 km maksimalnya.

Penentuan Luas Tanah

Luas tanah yang disarankan dalam membangun rumah budget minimalis dipinggiran kota/kabupaten adalah rumah dengan tipe 21 atau deengan dimensi 3×7 m persegi. Saat ini banyak informasi mengenai desain rumah minimalis yang tersedia. Anda dapat mengetahui informasinya melalui brosur pengembang perumahan ataupun dari internet.

Pemilihan Material

Setelah tabungan dan lokasi sudah didapatkan maka selanjutnya mencari supplier bahan bangunan yang terkenal memiliki harga yang mirin. Mungkin orang beranggapan bahwa harga material di toko bangunan kurang lebih sama satu sama lain, tapi selisih 1 rupiah pun sangat berharga, jadi Anda perlu melakukan survey ke beberapa toko bangunan untuk mecari tahu harganya, batu bata, pasir, genting, semen dan kayu merupakan bagian terpenting dalam pembangunan sebuah rumah.

Baca Juga: Tips Jitu Membuka Usaha Rumah Makan

Efisiensi Desain

Sesuai dengan tema artikel ini bahwa desain rumah yang akan dibangun haruslah seminimalis mungkin, dalam arti memanfaatkan luas tanah yang dimiliki untuk dijadikan ruangan yang penting, rumah minimalis terdiri atas 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu dan dapur. 5 ruangan tersebut hamper pasti ada di dalam sebuah rumah. Mungkin jika keluarga Anda hanya terdiri atas 3-4 orang saja nampaknya cukup dengan ruangan tersebut.

Semoga informasi yang kami sajikan dapat dijadikan referensi bagi Anda yang sedang merencanakan membangun rumah pribadi atau keluarga. Sampai jumpa pada artikel menarik lainnya !

 

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*