Tips Jitu Membuka Usaha Rumah Makan

usaha rumah makan
usaha rumah makan

Membuka usaha merupakan sebuah dambaan dari setiap orang, tentunya jika memiliki usaha sendiri akan menjadi kepuasan tersendiri. Saat ini banyak kita jumpai usaha kecil menegah yang ada di setiap sudut kota maupun desa, banyaknya jenis usaha yang dijalankan merupakan contoh berkembangnya perekonomian. Berkenaan dengan hal tersebut pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara memulai usaha rumah makan dengan modal yang masih bisa dijangkau oleh semua kalangan. Usaha rumah makan merupakan usaha yang sebenarnya tidak akan pernah mati karena menyangkut tentang kelangungan hidup manusia, sederhananya manusia pasti butuh makan untuk tetap bisa melanjutkan hidup. Oleh karena itu  usaha restiran masih banyak peminatnya di Indonesia baik di desa maupun di kota, terutama untuk daerah pinggiran perbatasan kota dan desa tempat dimana banyak pabrik dengan jumlah pekerja yang  banyak tentunya memiliki potensi yang menjanjikan ataupun dibagian tengah kota dengan segmentasi khusus menegah keatas. Baik langsung saja kita mulai pembahasannya.

Pertama kita harus melakukan riset sederhana di wilayah sekitar dari rumah atau lokasi usaha, kita bisa cek titik dimana lokasi industri, perkantoran, kos-kosan, sekolah ataupun tempat dimana banyak orang beraktivitas sehari-hari, kecuali kalua lokasi Anda memang di pelosok pedesaan yang kemungkinan sulit bagi Anda membuka usaha rumah makan ini. Kalau Anda memiliki rumah yang halaman depannya cukup luas, ya perkiraan 4 x 4 m saja sebenarnya sudah cukup tapi juga mempertimbangkan tingkat keramaian juga. Namun jika keadaannya tidak memilijki lahan yang cukup tentu saja Anda harus mencari stand ruko agar usaha restoran dapat dijalankan. Sebenarnya hal penting yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah modal, pertanyaannya berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha restoran ini ? Jawabannya tentu mengacu pada sumber daya sarana dan prasarana yang Anda miliki saat ini misalkan Anda mempunya rumah yang berhalaman depan luas maka Anda perlu siapkan seperti meja, kursi, peralatan makan, dll.

Rincian biaya :

ruko
ruko

Sewa stand: 15-20 juta (tergantung wilayah)

set meja kursi
set meja kursi

4 set meja kursi: 10 juta

peralatan makan
peralatan makan

Peralatan makan: 500 ribu – 1 juta

Perlengkapan lainnya tergantung kebutuhan bisa menyesuaikan.

Asumsinya jika semua sudah terpenuhi maka selanjutnya adalah soal manajemen operasional rumah makan nantinya, soal karyawan, bahan baku pokok harian, perhitungan pengeluaran harian, mingguan atau bulanan harus dipikirkan secara matang agar kedepan usaha yang berjalan bisa lancar.

Baca Juga: Tips Sukses Ternak Bebek Bagi Pemula

Saat ini promosi merupakan suatu keharusan bagi setiap usaha, baik skala kecil, menengah maupun keatas. Oleh karena itu disarankan agar memiliki akun official dari berbagai sosial media yang ramai digunakan saat ini seperti Facebook, Instagram, Twitter. Dengan promosi yang massif di segala platform sosial media diharapakna usaha rumah makan dapat dikenal terlebih dahulu, tujuannya agar memperkenalkan produk kita terlebih dahulu kemudian konsumen mulai datang untuk mencoba setiap menu yang ada, perihal harga sebaiknya memang tidak terlalu murah ataupun alasannya karena sajian makanan yang ditawarkan tidak terkesan murahan atapun overprice, diusahakan menyesuaikan target pasar yang akan dibidik. Demikianlah tadi ulasan mengenai bisnis rumah makan yang dapat kami bagikan kepada Anda, semoga dapat menginspirasi !

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*