Prospek Bisnis Budidaya Ikan Kerapu

Kerapu
Kerapu

Kerapu sudah menjadi rahasia umum memiliki rasa yang gurih dan nikmat ketika sudah diolah dijadikan sebuah masakan, ikan air laut ini dikenal memiliki tekstur daging yang lembut dan rasa yang khas seperti ikan laut lainnya. Nilai ekonomis dari Kerapu termasuk tinggi yakni anatar 150 ribu sampai yang termahal 400 ribuan, sebuah harga yang fantastis untuk sebuah ikan laut konsumsi, apalagi untuk distribusi pemasarannya bisa dibilang sangat luas sekali, bisa di distribusikan secara lokal, nasional maupun Internasional.

Ada sebuah contoh keberhasilan budidaya ikan Kerapu di Bali, jadi ada sebuah usaha KJA (Keramba Jaring Apung) di wilayah Singaraja mampu mengekspor hasil panen ikan Kerapu hingga pasar internasional tepatnya di Hongkong. Pasara Asia Timur nampaknya memiliki peminat yang tinggi terhadap potensi produk laut Indonesia yang beraneka ragam, sekedar informasi saja KJA mampu mengirim 20 ton ikan Kerapu ke Hongkong dengan total nilai 2,7 miliar itu berarti harga Kerapu yang diekspor per kilonya mencapai 135 ribu.

Melihat fakta tersebut tentunya masih terbuka lebar peluang bisnis ini, mengingat nilai jualnya yang tinggi, cocok bagi Anda yang berlokasi di daerah pesisir pantai. Habitat alami dari ikan Kerapu kebanyakan hidup diperairan laut yang dangkal seperti di koral maupun terumbu karang, artinya Kerapu hidup di perairan laut yang dangkal. Maka sistem budidaya yang paling efektif masih menggunakan system KJA (Keramba Jaring Apung) seperti yang sudah disinggung diatas.

Keramba jaring apung seperti namanya dinilai metode yang paling efektif dan efisien sejauh ini baik secara ekonomis maupun teknis. Melalui keramba jaring apung hal yang bisa dilakukan diantaranya pembibitan ikan Kerapu dengan baik serta bisa dipantau sewaktu-waktu, pengembang biakannya juga terbilang mudah karena model keramba ini terdiri atas bilah-bilah kayu berbentuk kotak, pada masing-masing kotak jaraknya saling berdekatan sehingga pemberian pakan terasa lebih mudah dan yang terakhir saat pemanenan Kerapunya tinggal menark jaring keatas dan otomatis ikan tinggal di ambil untuk dikumpulkan ke dalam kolam.

Menarik pembahasan prospek bisnis ikan Kerapu ini, sudah sama-sama kita lihat ulasan singkat menegani proses pembudidayaannya, kemudian untuk pemasaran seperti yang sudah kami singgung diawal artikel bahwa sebaran pemasarannya mudah sekali, jika nantinya Anda terjun pada bisnis ini, tentunya nanti akan banyak tengkulak yang akan datang kepada Anda mengingat nilai jual yang tinggi, sekalipun pada awal bisnis Anda belum ada tengkulak yang membeli dalam jumlah besar opsinya Anda bisa tawarkan ke pasar tradisional secara langsung, kemudian restoran sefood bisa jadi target pasar selanjutnya, itupun untuk pasar lokal saja. Untuk pemasaran skala nasional sebetulnya tinggal menunggu waktu saja bertahap.

Kerapu Merah
Kerapu Merah

Berikut ini daftar harga ikan Kerapu yang popular di Indonesia:

  • Kerapu biasa : 130.000
  • Kerapu super : 420.000
  • Kerapu tiger: 112.000
  • Kerapu tungsing : 340.000
  • Kerapu batik : 220.000
  • Kerapu batu : 260.000
  • Kerapu tikus : 400.000

Baca Juga: Tips Jitu Membuka Usah Rumah Makan

Demikian lah tadi pembahasan mengenai prospek bisnis ikan Kerapu yang ada di Indonesia, semoga dapat menambah wawasan mengenai berbagai macam peluang bisnis yang ada dan banyak pilihannya tergantung keputusan Anda.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*