Pilihan Mendapatkan Pinjaman Uang Cepat Untuk Usaha

Memulai sebuah usaha memang tidak mudah, banyak hal yang harus dipersiapkan dalam rangka merintis sebuah usaha seperti pemilihan nama merk, lokasi, akses jalan (bagi bisnis konvensional), internet (bagi bisnis online) dan lain sebagainya. Tentunya bagi Anda sebagai pengusaha pertimbangan tersebut sangat penting untuk keberlangsungan jangka panjang, belum lagi  Anda harus mempunyai modal yang mungkin tidak sedikit. Berikut ini akan kami bahas mengenai cara mendapatkan pinjaman uang cepat.

  1. Pinjaman Bank

Mendapatkan pinjaman uang dari bank umumnya sering Anda dengar dari berbagai macam sumber seperti  televisi, surat kabar atau pengusaha yang lebih dulu membangun bisnis. Pengajuan pinjaman di bank terbilang tidak terlalu sulit yakni dimulai dengan mengunjungi bank tujuan terdekat dari rumah Anda, biasanya setiap bank memiliki KCP (Kantor Cabang Pembantu), namun pertanyaannya bank mana yang memberikan persyaratan mudah dan bunga yang relatif rendah ?

Menurut pengalaman kami salah satu bank yang menyediakan kriteria diatas adalah Bank BRI karena BRI memiliki program KUR (Kredit Usaha Rakyat) jika kita dengar nama programnya memang sangat mendukung kemajuan bisnis masyarakat menengah kebawah, kemudian persyaratan yang harus dilengkapi untuk dapat pinjaman uang cepat dari BRI ini yaitu pemohon sebelumnya telah memiliki usaha yang berjalan karena akan di survey mengenai kelayakannya, terkait dengan hal ini minimal Anda sudah menjalankan usaha selama 6 bulan, pastikan Anda tidak sedang menerima bantuan kredit dari bank lain yang sifatnya konsumtif misalnya KPR, KKB, dan, Kartu Kredit, berkas lainnya KTP, KK dan Surat Ijin Usaha (jika ada), khusus untuk Surat Ijin Usaha di beberapa KCP masih bisa di negosiasikan.

Besar jumlah kredit maksimal sebesar 25 juta kepada peminjam. Berdasarkan jenisnya Kredit Modal Kerja dapat diangsur maksimal dalam jangka waktu 3 tahun, Kredit Investasi dapat diangsur maksimal dalam waktu 5 tahun. Perbedaan KMK dan KI adalah terletak pada jangka waktunya saja 3 tahun dan 5 tahun. Untuk suku bunga yang ditawarkan flat 7% per tahun setara 0.41% per bulan, tidak dikenakan biaya provisi dan administrasi.

  1. Pinjaman Modal dari Teman atau Saudara

Pinjaman uang cepat selanjutnya bisa bersumber dari teman atau saudara, tentu ada kelebihan dan keuntungan tersendiri. Kelebihannya karena termasuk orang terdekat Anda maka kepercayaan adalah modal utama, mereka bisa mempercayai Anda dan meminjamkan uang kepada Anda, tawarkan saja sistem kepemikian saham jadi mereka memiliki hak unuk memperoleh keuntungan pada setiap keuntungan per bulannya. Cukup buatkan proposal secara rinci terkait dengan usaha yang Anda jalankan, lebih lanjut jelaskan prospek bisnis tersebut seperti apa, potensi keuntungan yang akan didapatkan dan lain sebagainya. Setelah membahas kelebihan tidak afdol rasanya jika tidak mebahas kekurangan, hal yang sering dialami pengusaha yang meminjam uang dari teman atau saudara adalah jumlahnya yang tidak bisa sebesar pinjaman dari bank, biasanya kisaran pinjaman dari mereka maksimal setara harga motor sekitar 20 jutaan, bukan mereka tidak mau memberikan jumlah banyak tapi mereka juga punya kehidupan dan pinjaman itupun mungkin berasal dari tabungan, kemungkinan terburuk lainnya jika Anda tidak bisa mengangsur secara tepat waktu sesuai kesepakatan bisa menimbulkan hubungan Anda dengan mereka menjadi buruk. Tentunya setiap usaha ada pasang surut tidak menentu, sifat setiap individu berbeda-beda ada yang bisa menerima ada yang tidak maka semuanya masih serba relatif.

Baca JugaPengajuan Kartu Kredit Online dan Tips Menggunakannya

  1. Pinjaman Koperasi

Sebelum mendapatkan pinjaman uang cepat dari koperasi terlebih dulu Anda harus mendaftrakan diri menjadi anggota dan persyaratannya kurang lebih sama seperti pengajuan kredit di bank namun Anda perlu membayar simpanan pokok dan simpanan wajib sesuai ketentuan yang berlaku, menyepakati anggaran dasar, anggaran rumah tangga dan ketentuan tambahan lainnya. Keuntungannya beban bunga yang diberikan rendah dari lembaga keuangan sejenis. Terdapat beberapa jenis bunga yang ada di koperasi yakni

  • Bunga Flat yang dikhususkan untuk pinjaman jangka pendek, perhitungan nominal bunga selalu sama setiap bulamnnya.
  • Bunga Menurun yang besaran bunga didasarkan oleh jumlah nilai pinjaman pokok, semakin kecil pinjaman maka semakin kecil pula bunganya.
  • Bunga Menurun Efektif jenis bunga ini dikalkulasi dari saldo akhir setiap bulan sehingga bunga yang dibayarkan semakin menurun tiap bulannya.

Telah sampailah dipenghujung artikel ini emgenai cara mendapatkan pinjaman uang cepat yang bis Anda coba untuk pembiayaan usaha. Sampai jumpa !

Add Comment