Pentingnya Nama Brand Untuk Bisnis Online 

Sebuah nama memiliki arti yang bisa membawa sebuah pencitraan pada diri seseorang, sebuah nama juga menjadi tanda pengenal yang paling jelas untuk mengenali seseorang, namun arah pembahasan ini bukan bukan soal nama sesesorang .Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai nama brand untuk bisnis online.

Begitu pentingnya sebuah nama brand bisa mengangkat citra representasi dari produk yang akan dijual ke pasaran. Pemilihan nama brand untuk bisnis tidak bisa diputuskan secara sembarangan, perlu mempertimbangkan jenis bisnis dan target pasar yang dibidik agar memiliki kesesuaian. 

Di Indonesia umumnya kita bisa lihat dan dengar sebuah brand menggunakan kata atau bahasa Indonesia, Sansekerta dan bahasa asing (kata serapan), terkadang gabungan antara bahasa asing dan bahasa sansekerta dan contoh nama brand yang terkenal menggunakan unsur gabungan ini adalah Traveloka yang merupakan perusahaan penyedia layanan transportasi udara yang terkemuka. Travel berasal dari bahasa Inggris yang berarti perjalanan dan Loka berasal dari bahasa kuno Sansekerta yang berarti dunia atau dimensi, maka Traveloka jika dapat di artikan menjadi “Dunia Perjalanan” bisa juga “Dimensi Perjalanan”.  

Panduan untuk memilih nama brand untuk bisnis online, mengapa bisnis online ? Ya, karena saat ini bisnis online sangat diminati oleh banyak masyarakat baik penjual ataupun pembeli. Setidaknya peluangnya terbuka sangat lebar termasuk mungkin Anda yang memiliki ide bisnis namun masih bingung dalam menamakan produk 

Berikut beberapa aspek pendukung yang bisa jadi referensi Anda dalam memilih nama brand: 

Kata 

Untuk menghasilkan sebuah nama harus menggunakan kata, kata yang bagus dan sesuai untuk bisnis online biasanya menggunakan satu unsur dari jenis produk, misalnya Anda ingin berjualan pakaian maka bisa gunakan gabungan dua kata yang diambil dari bahasa Sansekerta ”Krida Busana”, Krida berarti tindakan dan Busana (Bhusana) yang berarti pakaian. Ketika dibaca memberikan nilai filosofi yang baik. 

Jumlah 

Jumlah kata yang digunakan sebaiknya tidak terlalu panjang dan usahakan maksimal hanya terdiri dari 3 suku kata saja, hal ini sangat berpengaruh dalam persepsi otak manusia dalam mengingat sesuatu khususnya nama brand karena penting bagi Anda agar calon pelanggan mudah mengingat nama produk. 

Pelafalan 

Dalam memutuskan pemilihan nama brand pastikan agar tidak sulit untuk diucapkan, biasanya jika memang memakai kata dari bahasa asing lebih baik dituliskan menjadi pelafalan bahasa Indonesia, contohnya Techno menjadi Tekno, yang mana tidak mengurangi definisi dan estetika. 

Keterkaitan 

Nama brand harus sesuai dengan produk artinya bisa di padu padankan satu sama lain dan tidak menimbulkan ambiguitas dan persepsi yang bias, contohnya dalam bisnis kuliner dengan nama brand “ Ayam Pedas Modern” tujuannya agar masakan Anda terlihat lebih kekinian dan mudah dikenali oleh generasi milenial namun jika di telaah kembali nama tersebut kurang memiliki keterkaitan antara Ayam sebagai bahan utama dan Pedas  mewakili rasa dan Modern yang berarti mutakhir (happening). 

Baca Juga: Bisnis Online Terpercaya Dibangun Dengan 4 Aspek Ini

Demikianlah informasi mengenai nama brand untuk bisnis online yang bisa menjadi acuan bagi Anda dalam penamaan produk agar tepat dan relevan. Sampai jumpa ! 

Add Comment