Peluang Usaha Rumah Potong Ayam

Bisnis Rumah Potong Ayam
Bisnis Rumah Potong Ayam

Ayam merupakan salahsatu hewan yang banyak diternakkan di Indonesia selain sapi maupun kambing, hal ini dikarenakan ayam merupakan hewan yang mudah untuk diternakkan oleh siapapun tidak perlu perlakuan khusus, dari segi pemeliharaan tergolong mudah, misalnya untuk pakannya bisa diberikan dedak, jagung giling, pellet, dll sedangkan untuk mengkal kemungkinan ayam terjangkit penyakit bisa diberikan vaksin protozoa, vaksin viral, vaksin bacterial, dll.. Mengacu pada data yang dikeluarkan oleh PT Charoen Phokphand Tbk (CPIN) disebutkan bahwa pada tahun 2019 ini konsumsi daging masyarakat Indonesia mencapai 13 kg per kapita per tahun, faktanya sejak tahun 2012 jumlah konsumsi daging ayam rata-rata mengalami kenaikan sekitar 2-3 kg per tahun. Hal ini menumbuhkan optimisme dikalangan pengusaha ayam dari berbagai macam segmen, baik peternak, tengkulak, penjual hingga skala pabrik. Pada kesempatan kali ini kita akan bahas peluang usaha rumah potong ayam yang bisa dijadikan pertimbangkan

Baca Juga: Tips Sukses Ternak Bebek Bagi Pemula

Ayam memberikan peranan penting dalam membantu menyediakan nilai gizi yang baik terutama protein yang baik untuk manusia, selain rasanya yang enak juga harganya relatif murah dan dapat dijangkau oleh seluruh kalangan masyarakat. Menurut sumber yang beredar menyebutkan bahwa produksi daging ayam tahunan di dunia diperkirakan sekitar 110 juta ton. Dengan banyaknya permintaan daging ayam yang meningkat dari tahun ke tahun maka saat ini usaha ruman potong ayam mengalami prospek yang cerah hingga 10 tahun mendatang bahkan lebih, kenyataan tersebut membuat banyak rumah potong ayam melakukan banyak pengembangan misalnya jika dulu penyembelihan ayam dilakukan dengan cara manual maka saat ini mulai banyak ditemui rumah potong ayam yang sudah menggunakan mesin potong ayam otomatis. Mesin ini dapat kita jumpai di pabrik besar pengolahan ayam, namun saat ini ada alternative mesin potong ayam skala kecil dengagn harga relative terjangkau yakni sekitar 15-20 juta 1 set nya.

Rumah Potong Ayam
Rumah Potong Ayam

Mesin potong ayam otomatis ini dijual per 1 set, secara umum terdiri atas bagian penjepit ayam, pisau sembelih, tempat penampung darah, hingga alat pencabut bulu. Biaya investasi tergolong tidak terlalu besar sekitar 30 juta, rinciannya 15 juta untuk membeli mesin, sewa gudang atau warehouse nya sekitar 5-10 juta dan biaya kulak ayamnya di peternak katakanlah 5 juta. Dengan biaya yang tidak terlalu banyak Anda sudah memiliki usaha rumah potong ayam ini. Tinggal melihat competitor di daerah Anda seperti apa . Kalkulasi yang matang menjadikan setiap usaha berjalan dengan lancar dan menghasilkan keuntungan yang maksimal. Kemudain hal yantg perlu diperhatikan adalah bagaimana cara distribusi pemasaran yang efektif, menurut kami dengan menawarkan kepada penjual yang ada di pasar merupakan cara yang terbaik alasannya keuntungan yang akan Anda dapatkan lebih besar, lain halnya jika Anda menjual kepada tengkulak, namun bedanya jika dijual ke tengkulak maka margin keuntungannya relative lebih kecil.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai peluang usaha rumah potong ayam yang bisa menjadi inspirasi bisnis Anda, sampai jumpa !

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*