Peluang Usaha Budidaya Bunga Matahari

Tanaman hias memang selalu menjadi salah satu unsur yang menimbulkan suasana menyenangkan. Dari masa ke masa, tren tanaman hias selalu berganti. Tanaman hias yang kini sedang populer adalah bunga matahari. Dengan bunganya yang berwarna kuning cerah dan besar, tanaman ini mampu menyedot perhatian. Tanaman satu ini juga sangat mudah untuk ditanam di Indonesia dengan iklim tropisnya. Tak heran jika banyak yang memulai usaha budidaya bunga matahari. Kali ini akan diulas bagaimana keuntungan mulai usaha satu ini.

Berbagai Peluang Usaha Budidaya Bunga Matahari

Prospek usaha budidaya bunga matahari sangatlah bagus. Kebutuhan bunga matahari terbilang tinggi karena manfaat bunga matahari bermacam-macam baik sebagai bunga potong, tanaman hias ataupun biji. Memulai usaha ini di Indonesia pun sangat tepat. Tanaman bunga matahari sangat membutuhkan sinar matahari dalam waktu cukup lama. Berikut adalah beberapa prospek usaha budidaya bunga matahari

  • Taman Bunga

Sebagai bunga dengan warna yang indah dan bentuknya besar, tentunya banyak orang yang menyukainya. Bunga matahari kerap dijadikan sebagai objek pemanis foto. Tak heran jika kini banyak taman bunga yang dihiasi dengan bunga satu ini. Anda bisa membuka taman bunga yang berisi deretan bunga matahari. Konsepnya bisa dibuat taman keseluruhan ataupun digabung dengan yang lainnya, misalnya tempat makan atau sanggar.

  • Penjualan Bibit

Selain dijumpai di tempat umum, banyak orang mulai merawat bunga matahari di kediamannya. Bunga satu ini terbilang mudah dirawat asalkan terkena sinar matahari dalam waktu yang cukup. Namun, tak semua orang dapat menyemai benih bunga matahahari hingga tumbuh. Hal ini bisa dijadikan peluang dalam usaha budidaya bunga matahari. Anda bisa menyemai biji dengan modal kecil, kemudian menjualnya saat usianya sudah cukup dewasa dan siap berbunga.

Tak hanya bibit saja yang digemari. Bunga matahari potong pun banyak dicari. Baik untuk dijadikan hiasan dalam rumah atau buket bunga untuk bingkisan. Harga bunga matahari terbilang cukup tinggi dibandingkan bunga lainnya, yakni Rp15.000 hingga Rp20.000 per potong. Harga ini berbeda-beda, tergantung pada pasokan bunga matahari di suatu daerah.

  • Penjualan Biji Bunga Matahari

Bijinya pun bisa dijadikan komoditas yang menggiurkan. Biji bunga matahari diperlukan untuk berbagai keperluan, antara lain untuk benih tanaman, industri kuaci dan minyak nabati. Saat ini Indonesia masih melakukan impor biji bunga matahari guna memenuhi kebutuhan dalam negeri. Jumlah biji yang diimpor mencapai Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000 ton. Oleh karena itu, peluang usaha budidaya bunga matahari sangatlah besar.

Biji bunga matahari mampu menghasilkan minyak nabati yang dibutuhkan untuk keperluan kosmetik dan kesehatan. Kandungan asam folat yang ada pada biji matahari sangat baik untuk ibu hamil dan janin. Perusahaan kosmetik lokal masih mengimpor minyak nabati dari luar negeri karena pasokan dalam negeri masih tipis.

Cara Menanam Bunga Matahari Agar Cepat Berbunga

Selain berbicara megenai prospek usaha budidaya bunga matahari, tentunya perlu mengetahui bagai cara menanam bunga matahari dengan tepat. Di bawah ini akan dibahas tuntas mengenai bagaimana budidaya, mulai dari menanam hingga cara mengambil biji bunga matahari. Inilah tahapan yang perlu Anda lakukan

  1. Pembibitan

Langkah pertama adalah dengan menyiapkan media dan wadah untuk menanam. Media yang baik adalah campuran dari tanah, pupuk serta sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Sebaiknya Anda memilih pupuk organik, baik pupuk kompos maupun pupuk kandang. Sedangkan wadah yang digunakan bisa berupa polybag, tray semai ataupun botol plastik. Semai biji pada media yang telah dicampurkan di wadah.

     2. Pemindahan

Setelah beberapa pekan dan bibit sudah memiliki 5-6 daun, bersiaplah untuk memindahkan bibit. Olah lokasi yang akan ditanami dan berikan pupuk berupa bubuk dasar, pupuk kandang serta kapur. Biarkan area tersebut hingga 2 pekan. Setelah itu, pindahkan bibit dengan hati-hati.

     3. Perawatan

Setelah dipindahkan dari tempat semai, tetap rawat tanaman dengan sebaik mungkin. Pastikan area tersebut terkena cahaya matahari dengan cukup. Gunakan mulsa untuk mencegah adanya gulma. Berikan pupuk secara berkala agar lekas berbunga. Bunga biasanya mekar kira-kira 45-60 hari setelah disemai. Biji bunga matahari bisa diambil setelah bunga kering.

Baca Juga: Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan Keuntungan

Itulah tadi uraian tentang peluang usaha bunga matahari yang lengkap dengan cara penanaman agar bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Sampai jumpa !

Add Comment