Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar Dari Penyakit

Menjaga Kesehatan Tubuh
Menjaga Kesehatan Tubuh

Kesehatan tubuh merupakan hal yang terpenting bagi setiap manusia, sebuah asset yang tak ternilai dan tak akan bisa terganti oleh apapun. Ada yang bilang bahwa kesehatan itu mahal harganya, ya memang ungkapan tersebut memang benar adanya. Disaat kita sakit maka kegiatan aktivitas sehari-hari pasti terganggu, belum lagi jika mengharuskan berobat ke dokter ataupun rumah sakit aka nada biaya pengeluaran yang tidak sedikit. Oleh karena itu kami akan memberikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan tubuh agar kecil kemungkinanya terjangkit. Berikut ini tipsnya untuk Anda:

berpikir positif
berpikir positif

Berpikir Positif

Semua berawal dari bagaimana kita menjalani kehidupan, kita pasti disibukkan dengan rutinitas harina yang sangat melelahkan dan menyita waktu. Biasanya pikiran akan menjadi kalut, lelah, mentalitas sedikit terganggu. Maka setiap hal apapun yang sedang kita hadapi diusahakan untuk tetap berpikir positif sekalipun pada saat kita menghadapi banyak masalah. Buang segala pikiran negatif dalam menyikapi segala masalah, somehow pikiran postof akan membawa manfaat tidak hanya kondisi mental saja namun juga secara tidak langsung mempengaruhi imunitas tubuh agar semakin kebal terhadap serangan penyakit.

istirahat teratur
istirahat teratur

Istirahat Teratur

Beristirahat teratur merupakan satu dari berbagai macam cara untuk menjaga kondisi badan agar tetap fit, ditinjau dari ilmu kesehatan idealnya manusia butuh istirahat sekurang-kurangnya 8 jam per hari, alasannya setelah tubuh dan pikiran “dipaksa” bekerja keras seharian mereka butuh relaksasi, melepaskan segala penat dan letih dengan tidur dengan waktu yang cukup. Manfaat lain istirahat terartur adaalah menstabilkan metabolisme tubuh, pada saat tidur semua organ tubuh dalam keadaan stabil istilahnya dalam kondisi idle atau diam, suplai oksigen ke otak pada saat seseorang tidur juga lebih maksimal.

pola makan teratur
pola makan teratur

Pola Makan Teratur

Makan 3 kali sehari merupakan sebuah kebiasaan bagi setiap orang, sarapan pagi, makan siang dan makan malam. Hal tersebut bukan hanya didasari atas kebiasaan saja sebenarnya namun ada alasan kesehatnnya juga, pada saat makan pagi merupakan hal terpenting karena sebelum kita melakukan aktivitas harian tubuh memerlukan tenaga, makan siang dilakukan pada saat istirahat kerja tepat di jam 12 siang untuk bekal melanjutkan kegiatan sampai sore. Nah khusus untuk makan malam diusahakan agar tidak terlau larut, jam 7 atau 8 malam merupakan waktu yang cocok karena jika makan pada jam sebelum kita tidur zat karbohidrat yang masuk akan menjadi lemak karena setelah praktis tidak ada kegiatan lagi.

makanan bergizi
makanan bergizi

Makan Makanan Bergizi

Ini rasanya terdengar klise, bahwa makanan yang kita konsumsi haruslah bergizi 4 sehat 5 sempurna. Kenyataannya banyak saudara disekitar kita yang kita yang tergolong kurang mampu secara ekonimi sehingga tidak dapat membeli bahan pokok untuk membuat masakan yang bergizi, iya lagi-lagi memang soal kemampuan daya beli. Tapi sebenarnya tidak harus 4 sehat 5 sempurna juga karena masih banyak bahan pokok yang murah meriah namun juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh, misalnya:

  • Tahu & tempe menganudng protein nabati
  • Telur mengandung protein hewani
  • Sayuran mengandung mineral dan vitamin
  • Buah mengandung mineral dan vitamin

Baca Juga: Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Ke empat jenis makanan tersebut sebetulnya bisa menjaga kesehatan tubuh dengan baik tanpa perlu membeli bahan pokok yang relative lebih mahal misalnya dahging ayam dan sapi, cukupmdengan olahan yang beragam agar kita yang mengkonsumsi tidak merasa bosan.

Demikian tadi sebuah ulasan singkat tentang menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit yang bisa kmai sampaikan, sampai berjumpa pada artikel selanjutnya !

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*