Manfaat Komunikasi Bisnis Bagi Pengusaha

Kegiatan bisnis saat ini banyak diminati setiap kalangan, mulai dari ibu rumah tangga, mahasiswa, hingga karyawan swasta. Proses memulai hingga menjalankan bisnis perlu pertimbangan yang matang bukan hanya soal rencana barang atau jasa yang akan dijual tapi juga mengenai waktu dan pendekatan promosi pemasaran itu sendiri. Salah satu aspek penting dalam proses promosi barang yang akan ditawarkan kepada calon konsumen adalah media penyampaian dan pemilihan bahasa yang menarik sekaligus informatif.

Seni dalam berbisnis mencakup sikap perilaku dan penyampaian diksi yang digunakan, hal ini erat kaitannya dengan salah satu cabang keilmuan yang mempelajari tentang membangun hubungan antar manusia yakni Ilmu Komunikasi. Di dalam Ilmu Komunikasi terbagi atas beberapa cabang, kaitannya dengan kegiatan bisnis maka setidaknya ada 2 cabang Ilmu Komunikasi yang sesuai untuk diterapkan dalam pelaksanaannya yakni Komunikasi Pemasaran dan Komunikasi Bisnis.

Pada kali ini akan kita bahas mengenai penerapan Komunikasi Bisnis dalam kegiatan bisnis, sebelumnya perlu Anda ketahui definisi dari Komunikasi Bisnis yaitu kegiatan saling bertukar ide, gagasan dan informasi dari seseorang atau kelompok melalui simbol-simbol atau sinyal tertentu agar tercapainya sebuah pemahaman yang sama terhadap pihak lain yang terlibat dalam komunikasi tersebut. Intensitas kegiatan Komunikasi Bisnis yang terjalin dengan baik umunya dilakukan secara verbal dan non verbal yang bertujuan membantu proses pengambilan keputusan dalam suatu bisnis.

Secara garis besar aktivitas Komunikasi Bisnis memiliki 3 tujuan utama yaitu memberi informasi, pendekatan persuasi dan melakukan kolaborasi dengan pelanggan. Ketiga tujuan utama tersebut dalam implementasi bisnis secara langsung.

Memberi Informasi misalnya seorang pengusaha ingin meningkatkan penjualan sebuah produk yang baru di launching, maka ia akan mencari cara yang efektif untuk mencapai target penjualan. Tentunya upaya efektif yang bisa dilakukan ialah memasang deskripsi produk ke media masa agar semakin dikenal. Cara penyampaian informasi di setiap media yang dipakai juga harus menyesuaikan.

Kemudian setelah calon pelanggan melihat informasi yang telah Anda berikan biasanya mereka akan menanyakan lebih detail tentang produk yang Anda tawarkan, maka proses inilah Anda perlu melakukan pendekatan persuasi yaitu mempengaruhi serta meyakinkan calon pembeli  untuk membeli. Fungsi yang lain adalah semakin menegaskan agar pembeli memang tidak salah dalam bertransaksi produk tersebut.

Proses Komunikasi BIsnis yang baik adalah melibatkan semua subyek yang ada didalamnya agar bisa bekerja sama, saling kompromi  didalam interaksi yang terjalin baik secara langsung maupnu tidak langsung, dengan demikian maka kerjasama bisnis bisa berjalan lancer.

Fungsi Komunikasi Bisnis untuk jangka pendek yaitu mengkonversi ketertarikan calon pembeli terhadap produk agar semakin yakin untuk membeli, setelah target penjualan tercapai hal yang perlu diperhatikan adalah adalah layanan purna jual (after sales). Bagaimana pelayanan produk setelah barang terjual ke konsumen apakah masih terjalin dengan baik atau seperti system beli-putus ?

Hal semacam ini tidak boleh Anda anggap sepele, contoh kasus Anda berjualan sparepart motor pembeli melihat informasi seperti kelebihan dan kekurangan kemudian Anda menjelaskan dengan detail perihal produk yang diinginkan pembeli singkat cerita terjadi transaksi jual beli, setelah itu pembeli mengalami kendala dengan produk yang dibeli lalu menghubungi Anda kembali untuk menanyakan dan meminta solusi, nah pada proses ini Anda harus menjalankan prinsip layanan after sales yang baik yakni menanggapi segala bentuk keluhan dari pembeli dengan ramah dan murah senyum, secara attitude sangat disarankan barulah Anda berikan solusi terbaik yang bisa Anda berikan kepada pembeli.

Baca Juga: Cermat Melihat Peluang Bisnis Online Dengan Modal Kecil

Manfaat layanan after sales yang baik akan menghasilkan hubungan yang baik dan menguntungkan dari pihak penjual dan pembeli bukan tidak mungkin dimasa mendatang akan terjadi transaksi jual beli. Selain daripada itu reputasi Anda sebagai penjual akan naik dan semakin dikenal karena bisa jadi orang yang puas dan senang ketika bertransaksi dengan Anda mereferensikan toko Anda kepada tetangga atau sanak saudara yang lain. Demikian pembahasan yang telah kami paparkan semoga menginspirasi Anda. Sampai jumpa !

Add Comment