Ketahui Peluang Bisnis Jasa Pengiriman Barang

jasa pengiriman barang
jasa pengiriman barang/shutterstock.com

Beberapa diantara Anda pasti pernah bahkan sering berbelanja online, melalui marketplace yang ada saat ini. Bagi Anda yang membeli barang online pasti memilih jasa pengiriman yang tersedia untuk mengantarkan barang agar sampai sampai ke tangan Anda. Beberapa penyedia jasa ekspedisi memberikan berbagai macam layanan, mulai dari durasi pengiriman juga terdapat pilihan seperti sampai dihari yang sama, esok sampai dan normal 3 – 4 hari sampai.

Perbedaan layanan tersebut sesuai dengan harga yang dikenakan pada konsumen. Menarik untuk kita bahas mengenai alur pengiriman dari penjual hingga sampai ke tangan pembeli. Setiap penyedia jasa pengiriman memiliki fasilitas dan sumber daya yang memadai untuk bisa menjalankan usah ini. Mulai dari ketersediaan man power (karyawan), transportasi, gudang penyimpanan, dll. Semua aspek saling mendukung kegiatan operasional.

Kalau dilihat dari proses perjalanan bisnis jasa pengiriman barang ini sebenarnya sudah ada sejak jaman pra sejarah. Bahkan sebagin peneliti menganggap jasa ekspedisi merupakan salahsatu kegiatan budaya yang tertua yang dilakukan manusia. Hal ini bisa dibuktikan pada salahsatu kitab suci yang menyebutkan aktivitas perdagangan dengan memanfaatkan jasa ekspedisi barang terjadi pada masa Nabi-Nabi. Jadi bisa disimpulkan bahwa bisnis ini akan terus ada sampai kapanpun.

Berdasarkan fakta tersebut tentunya banyak menarik perhatian bagi pemodal maupun investor yang terjun di dunia pengiriman, Menurut riset dari Asosiasi Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia menyebutkan bahwa target pertumbuhan rata-rata di industri ekspedisi mencapai 14 – 15 % per tahunnya seiring nilai transaksi jual beli di Indonesia melalui e-commerce pada tahun 2019 mencapai 265 Triliun lebih. Sangat fantastis bukan ?

Bagi Anda yang memiliki modal cukup bisa masuk ke industry ini, tidak harus bersaing dengan brand ternama yang sudah memiliki konsumen setia, melainkan Anda bisa ambil bagian untuk segmen pasar kecil & menegah, dengan cakupan distribusi pengiriman barang skala regional, missal antar kota dalam provinsi. Peluang masih terbuka khsususnya Jasa Pengiriman Barang Kargo. Harus diakui modal yang dibutuhkan memang besar sekalipun skalanya kecil.

Berikut ini adalah sarana dan prasarana yang wajib Anda persiapkan untuk meulai usaha jasa pengiriman barang:

  • Penentuan Lokasi

Memilih rute atau trayek pengiriman sangat penting, untuk itu Anda harus melakukan observasi dilapangan mengenai tempat dimana Anda tinggal. Misal Anda tinggal di Sidoarjo, Anda bisa pilih beberapa kota di Jawa Timur/Jawa Tengah sebagai trayek pengirimannya, tentunya pada beberapa kota terpilih juga disediakan gudang untuk transitnya barang. Untuk rute tertentu sebaiknya khusus untuk pengiriman barang besar.

  • Perekrutan Karyawan

Memulai menjalankan bisnis tentu saja perlu adanya karyawan yang bertugas menjalankan kegiatan operasional, khusus untuk sopir diusahakan mencari yang berpengalaman dan bersedia menitipkan jaminan kepada Anda sebagai bentuk antisipasi kemungkina terburuk.

  • Transportasi Distribusi

Selain gudang Anda memerlukan armada untuk pengiriman barang, kami sarankan agar Anda memiliki sebuah truk bekas yang berkualitas, demi menghemat modal mendirikan usaha.

  • Berbadan Hukum

Usahakan untuk usaha jasa pengiriman barang agar berbadan hukum, artinya menjadikan usaha Anda sah dimata hukum dan memiliki legitimasi yang kuat. Anda dapat berkonsultasi kepada notaris terdekat mengani hal ini.

Baca Juga: Menetukan Binsis Yang Menguntungkan Di Masa Depan

Melihat perkembangan bisnis online yang legit saat ini masih terbuka peluangnya, tinggal bagaimana Anda memperkenalkan jasa ekspedisi Anda kepada para konsumen potensial, kami yakin bahwa usaha ini akan mengalami pertumbuhan seiring meningkatnya lalu lintas perpindahan barang antar kota.

Demikianlah ulasan singkat prosepk bisnis jasa pengiriman barang yang bisa kami bagikan kepada Anda, semoga menginspirasi !

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*