Hal Wajib Diperhatikan Jika Membuka Bisnis Kos-Kosan

bisnis kos-kosan
bisnis kos-kosan/shutterstock.com

Membuka bisnis kos-kosan di kawasan kampus atau perkantoran merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Semakin banyak orang yang memilih merantau, baik untuk keperluan belajar maupun bekerja. Tentunya mereka membutuhkan hunian sementara. Tak heran jika kos-kosan semakin berjamuran. Jika Anda tertarik untuk memulai usaha ini, sebaiknya ada memperhatikan beberapa hal agar bisnis berjalan lancar. 

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Kos-Kosan

Meski bisnis satu ini terbilang menggiurkan, Anda harus membuat managemen pengelolaan rumah kost dengan rinci agar tidak mengalami kegagalan dini. Ada banyak kasus kegagalan dalam bisnis kost yang disebabkan minimnya wawasan serta perencanaan yang kurang matang. Untuk itu, bekali diri Anda dengan berbagai info mengenai bisnis sewa kost. Lakukan pula diskusi dengan pihak yang berpengalaman di bidang persewaan kos. Inilah beberapa poin yang yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis kos-kosan.

  • Memilih Lokasi 

Lokasi merupakan hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam bisnis kosan. Agar banyak peminat serta perkembangannya baik, pilihkan lokasi yang tak jauh dari area industri, kantor maupun kampus. Jika jarak antara rumah kos dengan area tersebut dapat dijangkau dengan berjalan kaki, maka menjadi nilai tambah tersendiri. Hal ini disebabkan transportasi menjadi sangat mudah dan hemat. 

  • Menentukan Harga

Salah satu trik agar bisnis kosan Anda mendapatkan banyak peminat adalah dengan menetapkan harga yang kompetitif. Harga yang diberikan jangan terlalu tinggi, jangan pula terlalu rendah karena akan menimbulkan kerugian. Harga sewa yang ditentukan umumnya meliputi fasilitas yang disediakan dalam kamar serta kondisi bangunan. Jika kamar dilengkapi dengan AC, kamar mandi dan berbagai fasilitas lain tentunya harganya cukup tinggi.

  • Desain Rumah

Desain kos kosan serta kondisinya juga mempengaruhi orang untuk memilih tinggal di tempat yang Anda tawarkan. Saat menawarkan jasa tempat kosan ke orang lain, sebaiknya Anda menjamin kenyamanan, keamanan serta kebersihan rumah. Sirkukasi udara serta pencahayaan yang cukup akan membuat hunian menjadi layak ditinggali. Desain rumah yang unik pun menjadi nilai tersendiri. 

  • Pertimbangkan Akses

Selain lokasi yang berdekatan dengan kampus atau area kantor, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah akses terhadap tempat lain, misalnya tempat hiburan, pusat perbelanjaan ataupun sarana transportasi umum. Pilih mula yang lokasinya mudah dijangkau baik oleh kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Coba rancang denah rumah kos beserta area sekitarnya. 

  • Fasilitas

Adanya fasilitas yang memadai akan menjadi nilai tambah bagi rumah kos yang Anda sewakan. Menambahkan beberapa benda dasar seperti kasur dan lemari sudah cukup untuk membuat Anda memenangkan persaingan. Jika Anda ingin menyediakan fasilitas lebih, Ada bisa menambahkan layanan laundry, wifi atau bahkan catering. Keberadaan fasilitas semacam itu tentunya akan membuat nyaman penghuni kos karena kebutuhannya tercukupi dengan baik dan mudah. 

  • Modal

Anda bisa memulai bisnis kosan dengan membangun semuanya dari nol ataupun menggunakan bangunan yang sudah ada. Jika Anda memutuskan untuk membangun dari nol, pastikan desain rumah sudah dirancang dengan baik untuk memenuhi kebutuhan penghuni. Selain itu, pilihlah material dengan kualitas yang bagus. Pemilihan material dengan asal hanya akan menyebabkan bangunan cepat rusak dan membutuhkan renovasi secara berkala. Proses renovasi pun akan mengganggu kenyamanan penghuni.

Baca Juga: Tips Membangun Rumah Dengan Budget Minimalis

Jika Anda memutuskan menggunakan bangunan yang sudah jadi, periksa terlebih dahulu apakah bangunan tersebut sesuai dengan kebutuhan rumah kos. Jika sudah sesuai, Anda hanya perlu memolesnya agar tampak menarik. Jika susunannya kurang pas untuk dijadikan kosan, Anda perlu merombak. Jangan sampai biaya perombakan melebihi modal Anda saat ini. Pastikan anggaran yang tersedia mencukupi kebutuhan awal dalam memulai usaha kosan. 

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis kos-kosan. Jika Anda masih terhambat modal, jangan khawatir. Ada berbagai lembaga yang bisa memberikan bantual modal dengan syarat tertentu. Jika Anda tak ingin meminjam dari lembaga keuangan, Anda bisa mengajak rekan untuk bisnis bersama dengan sistem bagi hasil. Pelajari bagaimana cara mengatur keuangan jika bisnis dilakukan dengan suntikan modal dari orang lain. Selamat berbisnis. Semoga sukses.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*