Ternak Bisnis https://ternakbisnis.com Menyajikan Informasi Menarik Fri, 25 Sep 2020 13:53:24 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.5.1 Melirik Peluang Bisnis Peternakan Domba Garut https://ternakbisnis.com/melirik-peluang-bisnis-peternakan-domba-garut/ https://ternakbisnis.com/melirik-peluang-bisnis-peternakan-domba-garut/#respond Sat, 26 Sep 2020 02:53:24 +0000 https://ternakbisnis.com/?p=303 Kini telah banyak sektor usaha yang bisa dijadikan bisnis yang prospektif namun juga penuh dengan resiko ketika menjalaninya. Peternakan adalah salah satu sektor usaha yang [...]

The post Melirik Peluang Bisnis Peternakan Domba Garut appeared first on Ternak Bisnis.

]]>
Kini telah banyak sektor usaha yang bisa dijadikan bisnis yang prospektif namun juga penuh dengan resiko ketika menjalaninya. Peternakan adalah salah satu sektor usaha yang bisa dijadikan sebagai bisnis dengan prospek yang potensial untuk menghasilkan keuntungan dan memiliki resiko yang tidak terlalu besar Peternakan merupakan bisnis yang memiliki tingkat pangsa pasar yang tinggi terutama untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat secara luas

Sektor peternakan yang patut Anda coba adalah budidaya domba yang tidak hanya diminati untuk kebutuhan pangan sehari-hari maupun hari raya special seperti Idul Adha. Biasanya sektor bisnis domba Garut juga diminati untuk dipelihara dan diperlombakan serta untuk kebutuhan fashion. Melihat potensi ini tentunya ini merupakan kesempatan bisnis yang tidak boleh dilewatkan oleh Anda, simaklah peluang bisnis peternakan domba Garut pada artikel kali ini.

Serbaneka Informasi Potensi Bisnis Peternakan Domba Garut

Peternakan dengan basis domba Garut memiliki keunggulan dari peternakan hewan lainnya yakni dari segi tempat pemeliharaan yang tidak memerlukan tempat yang luas. Selain itu domba jenis ini juga memiliki keunggulan dari segi perubahan fisik yakni pertumbuhan yang cepat dengan bobot serta postur tubuhnya yang proporsional. Selain itu juga sangat produktif dengan kapabilitas bisa menghasilkan dua anak dalam satu masa kehamilan. Sangat menguntungkan buka peluang bisnis ini. Berikut kami beri ulasannya kepada Anda peluang bisnis peternakan domba Garut.

Serba-Serbi Bisnis Peternakan Domba Garut

Subjek Pemasaran Domba Garut
Merupakan hal yang penting sebelum memulai menjalankan peluang bisnis peternakan domba Garut unggulan ini untuk melihat segmentasi pasar atau daerah dengan kebutuhan yang tinggi. Kebutuhan dari peluang bisnis peternakan domba Garut prospektif ini datang dari kota besar di Indonesia terutama Jakarta, Bandung, Tangerang, Bekasi dan Cirebon yang biasanya digunakan untuk konsumsi regular seperti makanan sate. Permintaan tidak hanya berasal dari lokal namun juga berasal dari pasar internasional seperti Brunei Darussalam, Singapura dan Malaysia.

Perhitungan Bisnis Domba Garut
Bisnis domba Garut ini tentunya haru didasari pada perhitungan yang teliti baik untuk permodalan, kentungan dan resiko yang akan dihadapi kedepannya dalam bisnis ini sebagai awalan untuk memulai bisnis ini kami sarankan untuk Anda memilihara minimal 10 ekor. Dengan memilhara 10 Anda akan bisa memicu kondisi impas yakni proses produksi akan berjalan selama 3 bulan atau sekurang-kurangnya 3 bulan dengan keuntungan rata-rata Rp. 1.120.000,-.

Dalam artian lain selama 3 bulan Anda akan merasakan kentungan 23 % dari permodalan Anda yang dalam kurun waktu setahun Anda akan bisa menghasilkan kurang lebih keuntungan Rp. 3.360.000,- dalam peluang bisnis peternakan domba Garut.

Karakteristik Domba Garut Prospektif
Jenis domba yang potensial untuk dijual tentunya harus berasal dari bibit unggulan yang berasal dari peranakan induk yang sehat dan bebas dari penyakit. Indukan yang ideal memiliki karakteristik bentuk luar yang khas seperti memiliki tubuh besar serta pendek, tumit kaki yang kuat, dan leher pendek dengan diameter yang tebal. Usahakan untuk komoditas domba Garut dalam potensi bisnis budidaya domba Garut untuk selalu memilih domba yang aktif bergerak serta lincah, sudut pAndang mata yang tajam, tubuh memiliki kondisi normal atau tida berada dalam kondisi cacat, umur berada dalam rentang tahun 1,5 hingga 3 tahun, dan kondisi kotoran tidak encer.

Pemeliharaan Domba Garut
Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan domba Garut untuk menjalankan peluang bisnis peternakan domba Garut keuntungan potensial yakni dengan memperhatikan kondisi tempat pemeliharaan yang harus dijaga agar tetap memiliki kapasitas yang memadai dan selalu bersih serta terhindar dari kotoran. Tidak hanya itu pemberian pakan dengan bahan yang berkualitas seperti pakan konsentrat,pakan hijauan dan pakan garam mineral secara rutin. Tidak lupa berikan vitamin secara rutin untuk menjaga kekebalan tubuh domba Anda agar terhindar dari penyakit berbahaya sehingga dapat memiliki kondisi prima dan berperforma terbaik untuk dijual

Baca Juga: Melirik Peluang Bisnis Peternakan Babi

Peluang bisnis peternakan domba Garut bisa menjadi bisnis prospektif yang dapat memberikan keuntungan secara ekskalatif serta stabil bagi Anda jika mau menjalankan bisnis ini secara tekun dan telaten. Oleh karena itu, tunggu apalagi segera mulai bisnis peternakan. Anda sekarang juga dan jadikan artikel ini sebagai pengetahuan dasar untuk memulai peternakan Anda. Terima kasih.

The post Melirik Peluang Bisnis Peternakan Domba Garut appeared first on Ternak Bisnis.

]]>
https://ternakbisnis.com/melirik-peluang-bisnis-peternakan-domba-garut/feed/ 0
Resep Sederhana Bubur Ketan HItam Nikmat https://ternakbisnis.com/resep-sederhana-bubur-ketan-hitam-nikmat/ https://ternakbisnis.com/resep-sederhana-bubur-ketan-hitam-nikmat/#respond Mon, 21 Sep 2020 01:01:00 +0000 https://ternakbisnis.com/?p=298 Bubur Ketan Hitam, paling tidak Anda pernah mendengar, melihat atau bahkan menyantapnya sebagai pengganjal perut karena bukan merupakan makanan berat, bisa disebut juga kudapan. Biasanya [...]

The post Resep Sederhana Bubur Ketan HItam Nikmat appeared first on Ternak Bisnis.

]]>
Bubur Ketan Hitam, paling tidak Anda pernah mendengar, melihat atau bahkan menyantapnya sebagai pengganjal perut karena bukan merupakan makanan berat, bisa disebut juga kudapan. Biasanya orang mengkonsumsi bubur ketan hitam pada saat pagi hari menjelang permulaan aktivitas seharian sebagai sarapan, bubur ketan hitam cocok dikonsumsi di pagi hari untuk menambah energi pengganti karbohidrat alternatif selain nasi. Selain itu mudah dicerna oleh pencernaan dengan teksturnya yang halus sehingga penyerapan gizi akan lebih cepat dan efektif disaat metabolisme kita yang belum sepenuhnya berjalan dengan baik ketika pagi hari. Makanan ini terbuat dari beras ketan hitam serta siraman kuah santan yang encer, selain lunak dan lembut juga gurih ketika disantap.

Mari kita perkaya pengetahuan dasar mengenai ketan hitam itu sendiri. Kandungan antioksidan membuatnya tampak berwarna hitam namun sebenarnya ketika sudah dimasak menjadi berwarna ungu. Sebagai sebuah bahan baku makanan dari alam tentunya memiliki beberapa macam zat gizi yang terkandung didalamnya. Diantaranya adalah Protein, Zat Besi, Vitamin E, Serat Kalium, Magnesium, Zinc Natrium dan tentu saja seperti yang disebutkan diawal yaitu Karbohidrat. Makanan ini popular dikalangan masyarakat dikawasan Asia Tenggara, Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Vietnam dan Thailand.

Langsung saja kita bedah resepnya, mungkin Anda ingin mencobanya di rumah sebagai kudapan yang menyehatkan. Apa saja bahan yang dibutuhkan dan bagaimana cara pembuatannya ?

Bahan-bahan:

  • 300 gram Ketan Hitam
  • 2 liter air bersih
  • 3 sendok makan gula pasir
  • ½ sendok the vanili bubuk
  • 175 gram gula aren
  • 2 lembar daun pandan
  • ½ sendok the garam

Kauh Santan:

  • 250 gram santan
  • 300 ml air bersih
  • ½ sendok the garam
  • 2 lembar daun pandan

Cara Pembuatan:

  • Rendam ketan hitam semalaman untuk menjadikannya lebih lunak.
  • Cuci bersih ketan hitam yang sudah direndam semalaman untuk menghilangkan debu atau kotoran yang masih menempel.
  • Didihkan air didalam panci lalu masukkan gula pasir, gula aren, daun pandan, garam dan bubuk vanili, aduk-aduk sampai semua terlarut, kurang lebih 20-30 menit saja.
  • Setelah proses melarutkan bahan diatas selesai dalam waktu 20-30 menit, langsung saja masukkkan ketan hitam aduk dengan merata lalu tutup panci selama 15 menit. Buka panci aduk kembali ketan hitam agar tidak lengket, proses ini memakan waktu 45 menit saja tidak lebih agar tidak terlalu lembek. Diamkan sejenak dengan keadaan panci tertutup.
  • Beralih pada pembuatan kuah santan, santan yang digunakan adalah santan encer saja jadi campuran perasan santan dengan air dikira-kira saja pastikan bahwa santan yang dipakai encer, didihkan santan bersama garam dan daun pandan, aduk secara perlahan agar santan tidak pecah. Jika dirasa sudah mendidih baru matikan apinya.
  • Ambil ketan sesuai selera dan siram dengan kuah santan secukupnya. Bubur ketan hitam siap disajikan.

Baca Juga: Cara Praktis Membuat Bubur Mutiara

Demikianlah tadi resep membuat bubur ketan hitam yang sederhana dan mudah cara pembuatannya, bahan yang mudah didapatkan dipasar tradisonal maupun pasar modern disekitar Anda. Sampai jumpa pada artikel menarik berikutnya !

The post Resep Sederhana Bubur Ketan HItam Nikmat appeared first on Ternak Bisnis.

]]>
https://ternakbisnis.com/resep-sederhana-bubur-ketan-hitam-nikmat/feed/ 0
Mencoba Peluang Bisnis Makanan Ringan Serba 5000 https://ternakbisnis.com/mencoba-peluang-bisnis-makanan-ringan-serba-5000/ https://ternakbisnis.com/mencoba-peluang-bisnis-makanan-ringan-serba-5000/#respond Fri, 18 Sep 2020 04:14:20 +0000 https://ternakbisnis.com/?p=295 Cemilan merupakan salah satu hal yang sukar dipisahkan dari keseharian anak-anak maupun orang dewasa. Cemilan dapat disajikan saat suasana santai maupun di tengah-tengah acara formal. [...]

The post Mencoba Peluang Bisnis Makanan Ringan Serba 5000 appeared first on Ternak Bisnis.

]]>
Cemilan merupakan salah satu hal yang sukar dipisahkan dari keseharian anak-anak maupun orang dewasa. Cemilan dapat disajikan saat suasana santai maupun di tengah-tengah acara formal. Banyak sekali jenis cemilan yang beredar, baik yang bersifat tradisional maupun modern. Peluang bisnis makanan ringan pun terbuka lebar.  Keuntungan dari bisnis ini adalah modal yang dibutuhkan terbilang kecil, market luas dan cepat untung. Namun, diperlukan kreativitas untuk menghadirkan cemilan yang unik dan membuat konsumen ketagihan. Untuk itu, perlu dibuat produk yang enak dan unik. Simak ulasan dibawah ini untuk penjelasan lengkap mengenai bisnis makanan ringan serba 5000

Berbagai Macam Makanan Serba 5000 yang mudah dibuat

Usaha cemilan memang perlu kreativitas lebih untuk menarik konsumen berdatangan. Untuk itu, diperlukan adanya konsep usaha makanan ringan unik. Jika Anda menghadirkan cemilan yang biasa dijual dan rasanya terbilang biasa saja, maka kecil kemungkinan untuk diminati. Untuk itu, buatlah bisnis yang menghadirkan makanan ringan dengan inovasi baru ataupun cemilan dengan rasa yang menggugah selera. Berikut adalah beberapa pilihan yang bisa dijadikan ide bisnis makanan ringan serba 5000

  1. Cloud Eggs

Salah satu resep jajanan anak sekolah paling laris adalah olahan telur. Olahan telur yang biasa ditemui adalah telur gulung ataupun omelet aneka isi. Variasi olahan telur kali ini berbeda dengan biasanya. Cloud Egg atau telur berawan ini terdengar sukar dibuat. Namun, sebenarnya prosesnya sangat mudah. Hanya saja, di awal pembuatan perlu dilakukan pemisahan antara putih dan kuning telur. 

Caranya adalah dengan mengocok putih telur terlebih dahulu, tambahkan garam dan merica. Kemudian masukkan dalam loyang dan buat cekungan di tengah adonan. Panggah selama 2 hingga 5 menit dengan suhu 150 derajat Celsius. Setelah itu, masukkan kuning telur di tengah cekungan yang telah dibuat sebelumnya. Panggang kembali selama 2 menit. Setelah terlihat matang, angkat dan sajikan. 

  • Keripik Aneka Rasa

Keripik sangat digemari oleh berbagai kalangan, baik keripik dengan rasa yang manis ataupun asin. Ada berbagai bahan makanan yang bisa diolah menjadi keripik, misalnya kentang, ubi, pisang, tempe, tahu dan masih banyak yang lainnya. Varian rasanya pun beraneka ragam, mulai dari rasa dasar seperti asin dan manis, Anda juga bisa menambahkan rasa lainnya seperti pedas, pedas manis, pedas asin dan lain-lain. 

Selain dibungkus dalam ukuran kecil, Anda juga bisa menjualkan dalam kemasan kiloan. Kemasan kecil bisa dijual dengan harga pelajar, yakni Rp. 3.000 sampai Rp. 5.000. Untuk kemasan kiloan bisa dibanderol dengan harga grosir. Jika ditekuni, Anda bisa melebarkan sayap dan menarik banyak orang untuk bekerja sama dalam memproduksi makanan ringan serba 5000 seperti keripik. 

  • Pisang Aneka Rasa

Pisang merupakan salah satu bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai macam cemilan. Salah satu makanan ringan serba 5000 yang rasanya menggugah selera adalah pisang coklat. Perpaduan pisang dan coklat yang lumer akan terasa sangat menggiurkan. Selain coklat, bisa pula ditambahkan alternatif lain misalnya keju. Harga yang dibandrol untuk olahan pisang ini sangat terjangkau bagi kantong anak-anak, yakni berkisar Rp. 3.000 hingga Rp. 5.000. 

  • Jamur Krispi Kriuk

Budidaya jamur tiram semakin banyak dan berimbas pada melimpahnya pasokan jamur. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis makanan ringan serba 5000. Jamur krispi aneka rasa bisa dijadikan pilihan yang menarik dan mudah dilakukan. Meski cara membuatnya sangat mudah, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui rasa apa yang sedang digemari, khususnya pada anak-anak. Setelah itu, uji cobalah beberapa resep untuk menghasilkan jamur krispi yang lezat. 

Baca Juga: Resep Cara Membuat Burger Kere Hore Modal 5 Bahan

Itulah beberapa ide makanan ringan unik yang mudah dibuat. Asal telaten dan membuat perencanaan dengan baik, maka bisnis akan berjalan dengan lancar. Jangan lupa untuk melakukan riset kecil-kecil untuk menentukan potensi agar bisnis Anda tepat sasaran. Selain itu, buatlah promosi di media sosial dan berikan promo di awal penjualan. Dengan begitu, produk Anda akan dikenal lebih mudah dan menjangkau banyak orang. Selamat berkreasi dan memulai bisnis makanan ringan serba 5000 ya!

The post Mencoba Peluang Bisnis Makanan Ringan Serba 5000 appeared first on Ternak Bisnis.

]]>
https://ternakbisnis.com/mencoba-peluang-bisnis-makanan-ringan-serba-5000/feed/ 0
Hal Wajib Diperhatikan Jika Membuka Bisnis Kos-Kosan https://ternakbisnis.com/hal-wajib-diperhatikan-jika-membuka-bisnis-kos-kosan/ https://ternakbisnis.com/hal-wajib-diperhatikan-jika-membuka-bisnis-kos-kosan/#respond Sat, 12 Sep 2020 05:28:12 +0000 https://ternakbisnis.com/?p=291 Membuka bisnis kos-kosan di kawasan kampus atau perkantoran merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Semakin banyak orang yang memilih merantau, baik untuk keperluan belajar maupun bekerja. [...]

The post Hal Wajib Diperhatikan Jika Membuka Bisnis Kos-Kosan appeared first on Ternak Bisnis.

]]>
Membuka bisnis kos-kosan di kawasan kampus atau perkantoran merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Semakin banyak orang yang memilih merantau, baik untuk keperluan belajar maupun bekerja. Tentunya mereka membutuhkan hunian sementara. Tak heran jika kos-kosan semakin berjamuran. Jika Anda tertarik untuk memulai usaha ini, sebaiknya ada memperhatikan beberapa hal agar bisnis berjalan lancar. 

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Kos-Kosan

Meski bisnis satu ini terbilang menggiurkan, Anda harus membuat managemen pengelolaan rumah kost dengan rinci agar tidak mengalami kegagalan dini. Ada banyak kasus kegagalan dalam bisnis kost yang disebabkan minimnya wawasan serta perencanaan yang kurang matang. Untuk itu, bekali diri Anda dengan berbagai info mengenai bisnis sewa kost. Lakukan pula diskusi dengan pihak yang berpengalaman di bidang persewaan kos. Inilah beberapa poin yang yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis kos-kosan.

  • Memilih Lokasi 

Lokasi merupakan hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam bisnis kosan. Agar banyak peminat serta perkembangannya baik, pilihkan lokasi yang tak jauh dari area industri, kantor maupun kampus. Jika jarak antara rumah kos dengan area tersebut dapat dijangkau dengan berjalan kaki, maka menjadi nilai tambah tersendiri. Hal ini disebabkan transportasi menjadi sangat mudah dan hemat. 

  • Menentukan Harga

Salah satu trik agar bisnis kosan Anda mendapatkan banyak peminat adalah dengan menetapkan harga yang kompetitif. Harga yang diberikan jangan terlalu tinggi, jangan pula terlalu rendah karena akan menimbulkan kerugian. Harga sewa yang ditentukan umumnya meliputi fasilitas yang disediakan dalam kamar serta kondisi bangunan. Jika kamar dilengkapi dengan AC, kamar mandi dan berbagai fasilitas lain tentunya harganya cukup tinggi.

  • Desain Rumah

Desain kos kosan serta kondisinya juga mempengaruhi orang untuk memilih tinggal di tempat yang Anda tawarkan. Saat menawarkan jasa tempat kosan ke orang lain, sebaiknya Anda menjamin kenyamanan, keamanan serta kebersihan rumah. Sirkukasi udara serta pencahayaan yang cukup akan membuat hunian menjadi layak ditinggali. Desain rumah yang unik pun menjadi nilai tersendiri. 

  • Pertimbangkan Akses

Selain lokasi yang berdekatan dengan kampus atau area kantor, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah akses terhadap tempat lain, misalnya tempat hiburan, pusat perbelanjaan ataupun sarana transportasi umum. Pilih mula yang lokasinya mudah dijangkau baik oleh kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Coba rancang denah rumah kos beserta area sekitarnya. 

  • Fasilitas

Adanya fasilitas yang memadai akan menjadi nilai tambah bagi rumah kos yang Anda sewakan. Menambahkan beberapa benda dasar seperti kasur dan lemari sudah cukup untuk membuat Anda memenangkan persaingan. Jika Anda ingin menyediakan fasilitas lebih, Ada bisa menambahkan layanan laundry, wifi atau bahkan catering. Keberadaan fasilitas semacam itu tentunya akan membuat nyaman penghuni kos karena kebutuhannya tercukupi dengan baik dan mudah. 

  • Modal

Anda bisa memulai bisnis kosan dengan membangun semuanya dari nol ataupun menggunakan bangunan yang sudah ada. Jika Anda memutuskan untuk membangun dari nol, pastikan desain rumah sudah dirancang dengan baik untuk memenuhi kebutuhan penghuni. Selain itu, pilihlah material dengan kualitas yang bagus. Pemilihan material dengan asal hanya akan menyebabkan bangunan cepat rusak dan membutuhkan renovasi secara berkala. Proses renovasi pun akan mengganggu kenyamanan penghuni.

Baca Juga: Tips Membangun Rumah Dengan Budget Minimalis

Jika Anda memutuskan menggunakan bangunan yang sudah jadi, periksa terlebih dahulu apakah bangunan tersebut sesuai dengan kebutuhan rumah kos. Jika sudah sesuai, Anda hanya perlu memolesnya agar tampak menarik. Jika susunannya kurang pas untuk dijadikan kosan, Anda perlu merombak. Jangan sampai biaya perombakan melebihi modal Anda saat ini. Pastikan anggaran yang tersedia mencukupi kebutuhan awal dalam memulai usaha kosan. 

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis kos-kosan. Jika Anda masih terhambat modal, jangan khawatir. Ada berbagai lembaga yang bisa memberikan bantual modal dengan syarat tertentu. Jika Anda tak ingin meminjam dari lembaga keuangan, Anda bisa mengajak rekan untuk bisnis bersama dengan sistem bagi hasil. Pelajari bagaimana cara mengatur keuangan jika bisnis dilakukan dengan suntikan modal dari orang lain. Selamat berbisnis. Semoga sukses.

The post Hal Wajib Diperhatikan Jika Membuka Bisnis Kos-Kosan appeared first on Ternak Bisnis.

]]>
https://ternakbisnis.com/hal-wajib-diperhatikan-jika-membuka-bisnis-kos-kosan/feed/ 0
Peluang Bisnis Usaha Rumah Yang Menjanjikan https://ternakbisnis.com/peluang-bisnis-usaha-rumah-yang-menjanjikan/ https://ternakbisnis.com/peluang-bisnis-usaha-rumah-yang-menjanjikan/#respond Thu, 10 Sep 2020 03:59:45 +0000 https://ternakbisnis.com/?p=287 Memiliki bisnis sendiri di dalam rumah bukanlah menjadi mimpi belaka lagi dengan kecanggihan teknologi serta infrastruktur yang memadai kini anda bisa mewujudkan secara nyata bisnis [...]

The post Peluang Bisnis Usaha Rumah Yang Menjanjikan appeared first on Ternak Bisnis.

]]>
Memiliki bisnis sendiri di dalam rumah bukanlah menjadi mimpi belaka lagi dengan kecanggihan teknologi serta infrastruktur yang memadai kini anda bisa mewujudkan secara nyata bisnis rumahan anda. Bisnis rumahan identik dengan modal yang kecil dan bisa dijadikan sebagai tumpuan untuk menghasilkan keuntungan yang potensial. Bisnis rumahan yang menjanjikan dan keuntungan potensial bisa anda jadikan sebagai bisnis berkategori full time atau sebagai sampingan semata.

Sebagai seorang pemula yang baru terjun dalam dunia bisnis biasanya hal tersulit untuk dilakukan ialah mendapatkan ide bisnis yang akan dijalankan. Padahal saat ini banyak sekali peluang yang bisa diambil  dari bisnis jasa hingga bisnis barang. Dalam artikel ini kami akan membagikan inspirasi bisnis usaha rumahan yang menjanjikan dan dapat dijalankan dengan mudah di tempat anda, berikut ini informasinya.

Ulasan Bisnis Rumahan 

Rumah tidak hanya dapat difungsikan sebagi tempat tinggal saja namun juga dapat difungsikan sebagai tempat untuk berbisnis. Bisnis rumahan bisa dibilang  sangat fleksibel sehingga cocok bagi siapupun yang memiliki keinginan untuk memulai bisnis di rumah yang memiliki kelebihan untuk bisa mendapatkan uang tambahan sekaligus dapat mengurus kepentingan keluarga secara lebih fleksibel dan terfokus. Simaklah informasi lebih lengkap bisnis rumahan yang potensial dalam informasi  dibawah ini

Rekomendasi Terbaik Bisnis Rumahan Yang Prospektif

bisnis kerajinan tangan
bisnis kerajinan tangan/shutterstock.com
  1. Peluang Bisnis Kerajinan Di Rumah

Kerajinan tangan adalah produk yang dapat dengan mudah dibuat hanya dengan kreatifitas semata. Kerajinan tangan yang bisa anda coba untuk buat dan dijual adalah aksesoris, mainan, pakaian dan lain sebagainya yang sesuai dengan keterampilan serta hobi. Anda bisa mempromosikan produk bisnis usaha rumahan yang menjanjikan dari kerajinan anda dengan mengunakan medium sosial media,forum jual beli dan website marketplace.

  • Bisnis Makanan  

Ide bisnis usaha rumahan yang menjanjikan dan berisiko rendah  adalah bisnis di bidang makanan entah itu oleh-oleh ataupun catering. Bisnis makanan oleh-oleh dapat anda buat sendiri maupun diambil dari supplier yang sudah ada. Di lain sisi jika anda membuka bisnis catering anda bisa membuatnya sendiri dalam jumlah yang besar  dengan berbagai keperluang baik untuk arisa, kegiatan kantor dan pesta pernikahan.

  • Membuka Jasa Usaha Laundry

Salah satu peluang bisnis usaha rumahan yang menjanjikan untuk dicoba ialah bisnis laundry atau  bisnis cuci baju. Bisnis ini sangat cocok bagi anda yang tinggal dikawasan dekat perumahan yang ramai seperti kos-kostan atau komplek perumahan. Bisnis ini biasanya sangat dicari apalagi oleh penghuni rumah kos atau rumah yang malas dan tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian kotor sendiri sehingga pada akhirnya jasa tukang cuci adalah salah solusi masalah tersebut.

  • Mencoba Bisnis Penitipan Anak

Bisnis penitipan anak merupakan sektor bisnis rumahan santai yang bisa dicoba karena tingginya kebutuhan orang tua yang sibuk bekerja untuk menitipkan anaknya sementara mereka bekerja. Bisnisi ini adalah bisnis yang cocok bagi anda yang senang melihat dan merawat anak kecil dengan hanya bermodalkan rumah anda sebagai tempat penitipan anak. Selain itu untuk mendukung penitipan anak anda sediakanlah pula alat bermain serta belajar untuk anak dan makanan serta minuman bergizi untuk menjaga kebutuhan asupan anak saat dititipkan.

  • Bimbingan Belajar Untuk Anak Sekolah

Sektor usaha rumahan cerdas yang bisa dicoba ialah bimbingan belajar untuk pelajar dari SD, SMP, SMA hingga Mahasiswa. Bimbel rumahan sangat cocok bagi anda yang memiliki ketrampilan untuk mengajar mata pelajaran umum maupun ketrampilan secara khusus. Bimbingan belajar bisa mencakup pengajaran semua mata pelajaran atau satu mata pelajaran secara khusus seperti  bahasa Inggris, Matematika dan pengajaran ketrampilan seperti bermusik dan kerajinan tangan.

Baca Juga: Budidaya Ikan Cobia Jarang Orang Tahu Tapi Menjanjikan !

Informasi diatas merupakan bisnis usaha rumahan yang menjanjikan dan sangat cocok bagi anda yang ingin merintis usaha di rumah anda. Dengan ini anda akan bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus bekerja di luar rumah seharian dan bisa mengurus keluarga anda dengan lebih leluasa. Sekian informasi di artikel ini dan semoga dapat menjadi inspirasi anda untuk sukses berbisnis dalam rumah anda.

The post Peluang Bisnis Usaha Rumah Yang Menjanjikan appeared first on Ternak Bisnis.

]]>
https://ternakbisnis.com/peluang-bisnis-usaha-rumah-yang-menjanjikan/feed/ 0
Tips Membuka Bisnis Garment Modal Kecil https://ternakbisnis.com/tips-membuka-bisnis-garment-modal-kecil/ https://ternakbisnis.com/tips-membuka-bisnis-garment-modal-kecil/#respond Tue, 08 Sep 2020 03:43:46 +0000 https://ternakbisnis.com/?p=283 Memulai bisnis garment modal kecil harus memiliki strategi yang cocok untuk digunakan untuk memulai bisnis kecil. Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang banyak [...]

The post Tips Membuka Bisnis Garment Modal Kecil appeared first on Ternak Bisnis.

]]>
Memulai bisnis garment modal kecil harus memiliki strategi yang cocok untuk digunakan untuk memulai bisnis kecil. Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang banyak diminati dari semua kalangan, karena pakaian merupakan peluang yang besar untuk sebuah usaha. Usaha garmen merupakan salah satu sebuah usaha dalam memproduksi pakaian secara banyak. 

Usaha ini merupakan usaha industri rumah tangga yang memproduksi segala bentuk pakaian seperti kemeja, kaos, celana dan produk pakaian lainnya. Saat ini semakin banyaknya orang-orang yang berbisnis garment mengakibatkan bagi para pemula yang ingin membuka bisnis garment harus memiliki strategi yang matang dan baik seperti strategi pemasaran yang seperti apa untuk berbisnis. 

berikut ini beberapa informasi terkait langkah-langkah untuk memulai bisnis garment modal kecil :

bisnis garment modal kecil
bisnis garment modal kecil/shutterstock.com
  1. Menentukan jenis pakaian yang akan di jual

Sebelum memulai usaha garmen sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu jenis pakaian apa yang akan dijual. Setiap kali anda memiliki ide yang muncul sebaiknya catat terlebih dahulu setiap ide yang muncul untuk dijadikan referensi berjualan. Ada berbagai macam cara untuk menentukan jenis pakaian yang akan di jual salah satunya dengan cara mengikuti intuisi sesuai dengan pakaian yang Anda suka dan pastinya akan laku dipasaran. Cara selanjutnya dengan cara mencari referensi di internet ataupun toko online lainnya. 

  1. Membuka toko dirumah terlebih dahulu

Sebelum memiliki sebuah toko ataupun ruko alangkah baiknya membukan toko dirumah terlebih dahulu untuk menstok barang untuk dijual pada bisnis offline. Selain membuka toko dirumah sebaiknya Anda tetap berjualan online untuk memperluas pangsa pasar baju yang akan dijual. Memanfaatkan ruangan rumah yang kosong untuk dijadikan tempat bisnis dapat menghemat sebagai pengeluaran sewa tempat sekaligus dekat dengan keluarga. 

  1. Mempersiapkan Modal

Setiap bisnis pastinya membutuhkan modal yang besar sama dengan membuka bisnis garment pun membutuhkan modal khususnya untuk membeli mesin jahit, mesin pemotong kain, meja karja dan kebutuhan lainnya yang diperlukan dalam proses produksi. Dengan bisnis garment modal kecil pastinya Anda harus benar-benar memikirkan strategi yang matang dan baik agar dapat memenuhi kebutuhan untuk memulai bisnis garment agar tidak bangkrut. 

  1. Menentukan harga jual 

Bagi pembisnis pastinya menentukan harga jual sangatlah penting untuk perkembangan usaha. Banyak perusahaan yang tidak cepat berkembang dikarenakan salah dalam menentukan harga jual di pasaran. Oleh karena itu, untuk Anda yang ingin memulai usaha garment dengan modal kecil sebaiknya menentukan harga jual dengan tepat agar usaha tersebut dapat dengan mudah berkembang. Salah satunya dngan cara mencari tahu referensi pesaing pematok dalam menentukan harga, tetapi tidak perlu terpaku dengan harga kompetitor. 

Agar tidak mengalami kerugian sebaiknya bagi Anda yang ingin membuka usaha garment untuk menentukan harga jual sebaiknya hitunglah dengan benar beberapa jumah biaya produksi yang dikelurkan untuk sebuah pakaian dan berapa laba yang di inginkan. Dengan demikian Anda bisa menentukan harga jual yang tepat dan siap bersaing dipasaran. 

  1. Membuat strategi pemasaran yang baik dan tepat

Dalam berbisnis pastinya membutuhkan strategi yang baik sebagus apapun sebuah produk, tidak akan berjalan dengan lancar dan sukses jika tidak dilengkapi dengan sistem pemasaran yang baik. Salah satunya mengidentifikasi pasar yang merupakan salah satu langkah dalam pemasaran, dimana seseorang menentukan target pasar sesuai dengan produk yang akan dipasarkan. Jika dalam menentukan target pasar tidak sesuai dengan targetnya bisa menggagalkan bisnis. 

Baca Juga: Ketahui Peluang Bisnis Jasa Pengiriman Barang

Strategi selanjutnya yaitu memanfaatkan sarana pemasaran online, karena pada zaman sekarang ini banyak orang-orang yang memakai internet sebagai sarana pemasaran. Apalagi sekarang ini banyak orang-orang yang lebih suka untuk berbelanja online dibandingkan dengan berbelanja tradisional yang membutuhkan waktu lama. Misalkan Anda seseorang yang introvert harus memulai pemasaran dengan cara belajar untuk berkomunikasi dengan berbagai pihak, belajar dari zona nyaman, belajar bergabung dengan berbagai komunitas dan lain sebagainya. 

Itulah beberapa informasi mengenai langkah-langkah untuk memulai bisnis garment modal kecil, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk para pemula yang ingin mengawali usaha dengan membuat usaha garment, selamat mencoba. 

The post Tips Membuka Bisnis Garment Modal Kecil appeared first on Ternak Bisnis.

]]>
https://ternakbisnis.com/tips-membuka-bisnis-garment-modal-kecil/feed/ 0
Peluang Usaha Budidaya Bunga Matahari https://ternakbisnis.com/peluang-usaha-budidaya-bunga-matahari/ https://ternakbisnis.com/peluang-usaha-budidaya-bunga-matahari/#respond Sun, 06 Sep 2020 20:30:28 +0000 https://ternakbisnis.com/?p=280 Tanaman hias memang selalu menjadi salah satu unsur yang menimbulkan suasana menyenangkan. Dari masa ke masa, tren tanaman hias selalu berganti. Tanaman hias yang kini [...]

The post Peluang Usaha Budidaya Bunga Matahari appeared first on Ternak Bisnis.

]]>
Tanaman hias memang selalu menjadi salah satu unsur yang menimbulkan suasana menyenangkan. Dari masa ke masa, tren tanaman hias selalu berganti. Tanaman hias yang kini sedang populer adalah bunga matahari. Dengan bunganya yang berwarna kuning cerah dan besar, tanaman ini mampu menyedot perhatian. Tanaman satu ini juga sangat mudah untuk ditanam di Indonesia dengan iklim tropisnya. Tak heran jika banyak yang memulai usaha budidaya bunga matahari. Kali ini akan diulas bagaimana keuntungan mulai usaha satu ini. 

Berbagai Peluang Usaha Budidaya Bunga Matahari

Prospek usaha budidaya bunga matahari sangatlah bagus. Kebutuhan bunga matahari terbilang tinggi karena manfaat bunga matahari bermacam-macam baik sebagai bunga potong, tanaman hias ataupun biji. Memulai usaha ini di Indonesia pun sangat tepat. Tanaman bunga matahari sangat membutuhkan sinar matahari dalam waktu cukup lama. Berikut adalah beberapa prospek usaha budidaya bunga matahari

1.Taman Bunga

Sebagai bunga dengan warna yang indah dan bentuknya besar, tentunya banyak orang yang menyukainya. Bunga matahari kerap dijadikan sebagai objek pemanis foto. Tak heran jika kini banyak taman bunga yang dihiasi dengan bunga satu ini. Anda bisa membuka taman bunga yang berisi deretan bunga matahari. Konsepnya bisa dibuat taman keseluruhan ataupun digabung dengan yang lainnya, misalnya tempat makan atau sanggar. 

2. Penjualan Bibit

Selain dijumpai di tempat umum, banyak orang mulai merawat bunga matahari di kediamannya. Bunga satu ini terbilang mudah dirawat asalkan terkena sinar matahari dalam waktu yang cukup. Namun, tak semua orang dapat menyemai benih bunga matahahari hingga tumbuh. Hal ini bisa dijadikan peluang dalam usaha budidaya bunga matahari. Anda bisa menyemai biji dengan modal kecil, kemudian menjualnya saat usianya sudah cukup dewasa dan siap berbunga. 

Tak hanya bibit saja yang digemari. Bunga matahari potong pun banyak dicari. Baik untuk dijadikan hiasan dalam rumah atau buket bunga untuk bingkisan. Harga bunga matahari terbilang cukup tinggi dibandingkan bunga lainnya, yakni Rp15.000 hingga Rp20.000 per potong. Harga ini berbeda-beda, tergantung pada pasokan bunga matahari di suatu daerah. 

3. Penjualan Biji Bunga Matahari

Bijinya pun bisa dijadikan komoditas yang menggiurkan. Biji bunga matahari diperlukan untuk berbagai keperluan, antara lain untuk benih tanaman, industri kuaci dan minyak nabati. Saat ini Indonesia masih melakukan impor biji bunga matahari guna memenuhi kebutuhan dalam negeri. Jumlah biji yang diimpor mencapai Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000 ton. Oleh karena itu, peluang usaha budidaya bunga matahari sangatlah besar. 

Biji bunga matahari mampu menghasilkan minyak nabati yang dibutuhkan untuk keperluan kosmetik dan kesehatan. Kandungan asam folat yang ada pada biji matahari sangat baik untuk ibu hamil dan janin. Perusahaan kosmetik lokal masih mengimpor minyak nabati dari luar negeri karena pasokan dalam negeri masih tipis. 

Cara Menanam Bunga Matahari Agar Cepat Berbunga 

Selain berbicara megenai prospek usaha budidaya bunga matahari, tentunya perlu mengetahui bagai cara menanam bunga matahari dengan tepat. Di bawah ini akan dibahas tuntas mengenai bagaimana budidaya, mulai dari menanam hingga cara mengambil biji bunga matahari. Inilah tahapan yang perlu Anda lakukan

  • Pembibitan

Langkah pertama adalah dengan menyiapkan media dan wadah untuk menanam. Media yang baik adalah campuran dari tanah, pupuk serta sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Sebaiknya Anda memilih pupuk organik, baik pupuk kompos maupun pupuk kandang. Sedangkan wadah yang digunakan bisa berupa polybag, tray semai ataupun botol plastik. Semai biji pada media yang telah dicampurkan di wadah. 

  • Pemindahan

Setelah beberapa pekan dan bibit sudah memiliki 5-6 daun, bersiaplah untuk memindahkan bibit. Olah lokasi yang akan ditanami dan berikan pupuk berupa bubuk dasar, pupuk kandang serta kapur. Biarkan area tersebut hingga 2 pekan. Setelah itu, pindahkan bibit dengan hati-hati. 

Baca Juga: Prospek Bisnis Menguntungkan Beternak Kalkun

  • Perawatan

Setelah dipindahkan dari tempat semai, tetap rawat tanaman dengan sebaik mungkin. Pastikan area tersebut terkena cahaya matahari dengan cukup. Gunakan mulsa untuk mencegah adanya gulma. Berikan pupuk secara berkala agar lekas berbunga. Bunga biasanya mekar kira-kira 45-60 hari setelah disemai. Biji bunga matahari bisa diambil setelah bunga kering. 

Sekian informasi mengenai peluang usaha budidaya bunga matahari yang bisa kami berikan kepada Anda. Sampai jumpa pada artikel menarik lainnya !

 

The post Peluang Usaha Budidaya Bunga Matahari appeared first on Ternak Bisnis.

]]>
https://ternakbisnis.com/peluang-usaha-budidaya-bunga-matahari/feed/ 0
Cara Cerdas Investasi Emas Di Pegadaian https://ternakbisnis.com/cara-cerdas-investasi-emas-di-pegadaian/ https://ternakbisnis.com/cara-cerdas-investasi-emas-di-pegadaian/#respond Sat, 05 Sep 2020 20:21:09 +0000 https://ternakbisnis.com/?p=276 Pegadaian dikenal sebagai tempat yang aman dan nyaman untuk melakukan transaksi pengadaian barang berharga seperti motor, mobil dan surat-surat berharga. Namun sebenarnya layanan yang disediakan [...]

The post Cara Cerdas Investasi Emas Di Pegadaian appeared first on Ternak Bisnis.

]]>
Pegadaian dikenal sebagai tempat yang aman dan nyaman untuk melakukan transaksi pengadaian barang berharga seperti motor, mobil dan surat-surat berharga. Namun sebenarnya layanan yang disediakan oleh pegadaian tidak sampai disitu saja, ada beberapa diantaranya adalah layanan peminjaman modal untuk usaha bagai para pengusaha  yang tergolong UMKM, jasa taksir seperti contohnya Anda yang ingin menjuual asset yang Anda miliki, misalnya rumah. Ketika Anda tidak tahu harga pasaran rumah yang Anda miliki maka jasa taksiran ini dapat mengkalkulasinya. Sampai layanan investasi emas di pegadaian pun bisa, dengan berbagai macam benefit yang bisa didapatkan.

Melakukan investasi emas di pegadaian ditujukan kepada perseorangan yang ingin memiliki logam mulai emas dalam bentuk kepingan atau batangan, tersedia mulau dari berat 1 gram sampai 1000 gram.  Menariknya layanan ini menerima pembelian emas dalam bentuk cash, kredit maupun kolektif, kolektif disini maksudnya Anda bisa membeli emas dengan cara patungan dengan beberapa orang dengan persetujuan dan kesepakatan yang sudah diatur ketentuan yang berlaku di pegadaian. Adanya beberapa opsi ini membuat kita dapat leluasa menentukan cara pembeliannya menyesuaikan keinginan kita, Produk invesatasi meas di pegadaian ini dinamakan MULIA.

Pegadaian menjamin bahwa setiap transaksi pembelian emas dilakukan dengan aman dan logam emas yang dibeli nasabah bersertifikasi, legal dan sah secara hukum. Disertakan surat kepemilikan atas nama pembeli yang bersangkutan. Khusus pembelian dengan cara kredit, uang muka yang harus disediakan yakni 15% dari nilai harga jual emas yang ditetapkan oleha pegadaian. Untuk bisa membawa pulang emas dalam bentuk fisik, nasabah bisa memilih termin pembayaran angsuran yang bisa dilakukan mulai dari 3 bulan sampai 3 tahun. Setelah angsuran dilunasi serah terima logam emas beserta dokumen pendukung bukti kepemilikan baru bisa dilakukan. Selama angsuran masih berlangsung nasabah belum bisa membawa pulang.

Selain bisa membeli emas batangan dengan cara tunai, kredit maupun kolektif, pegadaian masih punya program lainnya yang tidak kalah menarik, yaitu Tabungan Emas. Simak penjelasnannya dibawah ini

Sekilas Tabungan Emas

Tabungan Emas merupakan layanan penitipan saldo emas, nasabah dapat mengkonversi uang yang dimiliki menjadi emas. Kelebihan menabung emas adalah ketika tahun berganti, nilai tukar emas terhadap mata uang terbilang naik terus, berbeda dengan ketika kita menyimpan uang, uang nominal 10 ribu ditahun ini belum tentu nilainya setara dengan uang nominal 10 ribu 3 tahun kedepan dikarenakan adanya inflasi setiap tahunnya.

Kelebihan Tabungan Emas

  • Biaya administrasi dan pengelolaan yang ringan, bahkan jika melalui saluran pegadaian digital, biaya pembukaan rekening, biaya transaksi dan biaya fasilitas penitipan (1 tahun pertama) gratis.
  • Setiap nasabah bisa melakukan transfer ke rekening Tabungan Emas mulai dari 0,1 gram saja.
  • Setiap nasabah dapat bisa melakukan top up mulai dari 0,1 gram.
  • Emas yang ditransaksikan dijamin 24 karat.
  • Ketersediaan outlet pegadaian tersebar di beberapa titik di berbagai kota di Indonesia, serta aksesnya bisa melalui Pegadaian Digital Service, E-commerce maupun Agen Pegadaian terdekat di kota Anda.
  • Syarat cetak emas bisa dilakukan mulai dari 1 gram dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Cara Menerapkan Gaya Hidup Hemat Energi

Bagaimana menurut Anda ? Menarik bukan. Jadi investasi emas di pegadaian bisa dijadikan alternatif yang bagus selain menabung dibank, investasi saham, jual beli mata uang asing dan sejenisnya. Semoga bisa membuka wawasan dan menambah opsi investasi Anda saat ini.

The post Cara Cerdas Investasi Emas Di Pegadaian appeared first on Ternak Bisnis.

]]>
https://ternakbisnis.com/cara-cerdas-investasi-emas-di-pegadaian/feed/ 0
Budidaya Ikan Cobia Jarang Orang Tahu Tapi Menjanjikan ! https://ternakbisnis.com/budidaya-ikan-cobia-jarang-orang-tahu-tapi-menjanjikan/ https://ternakbisnis.com/budidaya-ikan-cobia-jarang-orang-tahu-tapi-menjanjikan/#respond Tue, 01 Sep 2020 21:57:10 +0000 https://ternakbisnis.com/?p=270 Mungkin sebagian dari Anda baru pertama kali mendengar nama ikan Cobia, ya memang jenis ikan ini kurang populer di Indonesia, namun bukan berarti jarang sekali [...]

The post Budidaya Ikan Cobia Jarang Orang Tahu Tapi Menjanjikan ! appeared first on Ternak Bisnis.

]]>
Mungkin sebagian dari Anda baru pertama kali mendengar nama ikan Cobia, ya memang jenis ikan ini kurang populer di Indonesia, namun bukan berarti jarang sekali dibicarakan oleh masyarakat. Ikan Cobia memiliki nama latin Rachycentron Canadium, secara umum bentuknya hampir menyerupai ikan Hiu namun dalam versi kecilnya.

Memiliki Panjang rata-rata 1,8 meter pada saat berukuran dewasa dan berat maksimal yang pernah dicapai sekitar 78 kg, kalau dilihat dari panjang dan bobotnya kurang lebih sama seperti bobot manusia. Ciri lainnya memiliki sisik kecil-kecil dan halus berwarna coklat tua bagian atas dan putih dibagian perut dengan 2 garis coklat tua pada kedua sisinya.

Habitat alami ikan ini di perairan laut beriklim hangat hingga tropis di Samudera Atlantik Barat dan Timur, perairan Karibia hingga sampai ke samudera Hindia. Ikan Cobia disebut juga hewan eurythermal atau hewan yang bisa hidup menyesuaikan suhu lingkungan yang ditempatinya, menurut penelitian ikan ini bisa hidup dengan baik pada suhu 1,5°C – 32°C.

Itulah tadi sekilas informasi mengenai jati diri Ikan Cobia, lalu bagaimana perkembangan bisnisnya di Indonesia ? Ikan ini mulai dikembang biakkan di BBPBL (Balai Besar Pengembangan Budidaya Laut) Lampung pada bulan Oktober 2019 setelah mengetahui teknologi pembenihan yang efektif untuk mengasilkan bibit berkualitas.

Sampai dengan saat ini pengembangan budiaya ikan Cobia di BBPBL Lampung sudah pada tahap distribusi benih hasil pemijahan dari indukan, melalui indukan yang produktif ini mampu menghasilkan 900 ribu – 1,1 juta butir dalam sekali pemijahan, benih tersebut siap di distribusikan ke petani dan pembudidaya ikan melalui Keramba Jaring Apung.

daging cobia
daging cobia/shutterstock.com

Tentu saja ini merupakan kabar bagus bari para pengusaha pemula atau saat ini sudah menjalankan bisnis budidaya ikan, mungkin bisa menambah diversifikasi produk perikanan. Mengingat ikan Cobia merupakan komoditas baru, sebaiknya bisa dicoba juga. Nilai jualnya terbilang tinggi dipasar Internasional, dikisaran $1,5/kg atau 29.000 per kilo.

Harga 29 ribu per kilo bisa dibilang murah karena dalam pembudidayaannya memakan waktu yang singka jika diobandingkan jenis ikan laut lainnya, sebagai contohnya dalam waktu 1 tahun saja berat ikan per ekornya bisa mencapai rata-rata 5 kg. Asumsikan Anda punya 3000 bibit ikan Cobia hidup sehat dan bertahan samapi jangka waktu 1 tahun, maka jika dikalkulasikan 3.000 x 5 x 29.000 didapatkan hasil sebanyak 435 juta sekali panennya. Nilai ekonomis yang tinggi sekali.

Pakan yang diberikan bisa menggunakan ikan Rucah, ikan yang lazimnya digunakan oleh petani ikan dikawasan pesisr untuk pakan jenis ikan laut lainnya yang dibudidayakan. Takaran pakan yang disarankan yakni 3% dari berat ikan. Jumlah ikan Cobia anda dalam 1 Keramba Jaring Apung asumsikan 100 ekor, rata-rata 1 ekor ikan berbobot 4 kg, maka hitungannya 100 x 4 x 3% = 12 kg. Dalam 1 Keramba Jaring Apung dengan berat total 400 kg Adan hanya perlu 12 kg pakan saja. Sebagai info saja harga ikan Rucah per 5kg seharga 30 ribu.

Baca Juga: Prospek Bisnis Budidaya Ikan Kerapu

Perbandingan harga pakan dengan nilai jualnya sangat menguntungkan sekali, hasil penjualan yang terserap 100% mungkin sekitar 30% nya digunakan untuk pakannya. Inilah mengapa para pengusaha yang sudah mengerti peluang bisnisnya bisa segera mencobanya, namun ada baiknya jika Anda tertarik menggelutinya untuk melakukan riste lebih dalam, syujur bisa berkunjung ke Lampung untuk belajar secara langsung disana.

Sekian info bisnis yang dapat kami berikan kepada Anda semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada kesempatan berikutnya !

The post Budidaya Ikan Cobia Jarang Orang Tahu Tapi Menjanjikan ! appeared first on Ternak Bisnis.

]]>
https://ternakbisnis.com/budidaya-ikan-cobia-jarang-orang-tahu-tapi-menjanjikan/feed/ 0
Ketahui Peluang Bisnis Jasa Pengiriman Barang https://ternakbisnis.com/ketahui-peluang-bisnis-jasa-pengiriman-barang/ https://ternakbisnis.com/ketahui-peluang-bisnis-jasa-pengiriman-barang/#respond Sun, 30 Aug 2020 07:31:16 +0000 https://ternakbisnis.com/?p=265 Beberapa diantara Anda pasti pernah bahkan sering berbelanja online, melalui marketplace yang ada saat ini. Bagi Anda yang membeli barang online pasti memilih jasa pengiriman [...]

The post Ketahui Peluang Bisnis Jasa Pengiriman Barang appeared first on Ternak Bisnis.

]]>
Beberapa diantara Anda pasti pernah bahkan sering berbelanja online, melalui marketplace yang ada saat ini. Bagi Anda yang membeli barang online pasti memilih jasa pengiriman yang tersedia untuk mengantarkan barang agar sampai sampai ke tangan Anda. Beberapa penyedia jasa ekspedisi memberikan berbagai macam layanan, mulai dari durasi pengiriman juga terdapat pilihan seperti sampai dihari yang sama, esok sampai dan normal 3 – 4 hari sampai.

Perbedaan layanan tersebut sesuai dengan harga yang dikenakan pada konsumen. Menarik untuk kita bahas mengenai alur pengiriman dari penjual hingga sampai ke tangan pembeli. Setiap penyedia jasa pengiriman memiliki fasilitas dan sumber daya yang memadai untuk bisa menjalankan usah ini. Mulai dari ketersediaan man power (karyawan), transportasi, gudang penyimpanan, dll. Semua aspek saling mendukung kegiatan operasional.

Kalau dilihat dari proses perjalanan bisnis jasa pengiriman barang ini sebenarnya sudah ada sejak jaman pra sejarah. Bahkan sebagin peneliti menganggap jasa ekspedisi merupakan salahsatu kegiatan budaya yang tertua yang dilakukan manusia. Hal ini bisa dibuktikan pada salahsatu kitab suci yang menyebutkan aktivitas perdagangan dengan memanfaatkan jasa ekspedisi barang terjadi pada masa Nabi-Nabi. Jadi bisa disimpulkan bahwa bisnis ini akan terus ada sampai kapanpun.

Berdasarkan fakta tersebut tentunya banyak menarik perhatian bagi pemodal maupun investor yang terjun di dunia pengiriman, Menurut riset dari Asosiasi Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia menyebutkan bahwa target pertumbuhan rata-rata di industri ekspedisi mencapai 14 – 15 % per tahunnya seiring nilai transaksi jual beli di Indonesia melalui e-commerce pada tahun 2019 mencapai 265 Triliun lebih. Sangat fantastis bukan ?

Bagi Anda yang memiliki modal cukup bisa masuk ke industry ini, tidak harus bersaing dengan brand ternama yang sudah memiliki konsumen setia, melainkan Anda bisa ambil bagian untuk segmen pasar kecil & menegah, dengan cakupan distribusi pengiriman barang skala regional, missal antar kota dalam provinsi. Peluang masih terbuka khsususnya Jasa Pengiriman Barang Kargo. Harus diakui modal yang dibutuhkan memang besar sekalipun skalanya kecil.

Berikut ini adalah sarana dan prasarana yang wajib Anda persiapkan untuk meulai usaha jasa pengiriman barang:

  • Penentuan Lokasi

Memilih rute atau trayek pengiriman sangat penting, untuk itu Anda harus melakukan observasi dilapangan mengenai tempat dimana Anda tinggal. Misal Anda tinggal di Sidoarjo, Anda bisa pilih beberapa kota di Jawa Timur/Jawa Tengah sebagai trayek pengirimannya, tentunya pada beberapa kota terpilih juga disediakan gudang untuk transitnya barang. Untuk rute tertentu sebaiknya khusus untuk pengiriman barang besar.

  • Perekrutan Karyawan

Memulai menjalankan bisnis tentu saja perlu adanya karyawan yang bertugas menjalankan kegiatan operasional, khusus untuk sopir diusahakan mencari yang berpengalaman dan bersedia menitipkan jaminan kepada Anda sebagai bentuk antisipasi kemungkina terburuk.

  • Transportasi Distribusi

Selain gudang Anda memerlukan armada untuk pengiriman barang, kami sarankan agar Anda memiliki sebuah truk bekas yang berkualitas, demi menghemat modal mendirikan usaha.

  • Berbadan Hukum

Usahakan untuk usaha jasa pengiriman barang agar berbadan hukum, artinya menjadikan usaha Anda sah dimata hukum dan memiliki legitimasi yang kuat. Anda dapat berkonsultasi kepada notaris terdekat mengani hal ini.

Baca Juga: Menetukan Binsis Yang Menguntungkan Di Masa Depan

Melihat perkembangan bisnis online yang legit saat ini masih terbuka peluangnya, tinggal bagaimana Anda memperkenalkan jasa ekspedisi Anda kepada para konsumen potensial, kami yakin bahwa usaha ini akan mengalami pertumbuhan seiring meningkatnya lalu lintas perpindahan barang antar kota.

Demikianlah ulasan singkat prosepk bisnis jasa pengiriman barang yang bisa kami bagikan kepada Anda, semoga menginspirasi !

The post Ketahui Peluang Bisnis Jasa Pengiriman Barang appeared first on Ternak Bisnis.

]]>
https://ternakbisnis.com/ketahui-peluang-bisnis-jasa-pengiriman-barang/feed/ 0