Cara Praktis Membuat Bubur Mutiara

bubur mutiara
bubur mutiara/shutterstock.com

Saiap yang tidak mengenal bubur ? Sepertinya hampir semua orang pernah makan bubur apalagi pada saat masih balita. Bubur merupakan makanan lintas usia, mulai dari bayi sampai lansia semuanya suka bubur, bedanya jenis buburnya yang berbeda-beda dalam arti selera dan peruntukannya. Misalnya bubur bayi yang umumnya berasal dari campuran nasi dan sayuran (wortel, kentang, sawi, dll) yang dihaluskan, kemudian bubur untuk orang dewasa ada berbagai macam.

Nah pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai bubur mutiara, ya bubur yang tergolong jadul alias sudah lama dikenal masyarakat dan sampai sekarang masih eksis dikarenakan rasanya yang enak, bagi seseorang yang pernah mengkonsumsinya pasti akan ketagihan, setidaknya jika sudah lama tidak pernah makan bubur mutiara pasti ada rasa kangen. Untuk jaman sekarang memang susah gampang untuk mencarinya, mungkin bisa ditemui di pasar tradisional atau di mall namun dengan sajian yang secara penampilan lebih modern.

Tidak perlu berlama-lama langusng saja pada bahan-bahan yang dibutuhkan, kali ini dibedakan menjadi 2 jenis yaitu isian dan kuahnya, detailnya sebagai berikut:

Bahan isian:

sagu mutiara
sagu mutiara/shutterstock.com
  • 100 gram sagu mutiara/pacar cina untuk merk terserah Anda
air
air
  • 3 gelas air atau setara 750 ml
vanili powder
vanili powder/shopee.co.id
  • Bubuk vanili ½ sendok the
gula pasir
gula pasir
  • 50 gram gula pasir
gula merah
gula merah/shutterstock.com
  • 50 gram gula merah

Bahan kuah:

  • 400 ml santan kental
  • Garam secukupnya
  • 2 lembar daun pandan

Cara pembuatan:

  • Santan yang digunakan boleh menggunakan santan kemasan maupun santan perasan, perbedaannya mungkin sebatas kesegarannya saja karena walaupun santan kemasan sebenarnya tidak ada tambahan apapun cuma lebih instan saja sedangkan santan perasan sendiri lebih segar dan tingkat kekentalannya bisa diatur sendiri.

Cara membuat santan kental perasan sendiri untuk perbandingan antara kelapa dengan air adalah 1:1. Misalnya jika kita punya kelapa dengan berat 400 gram maka air yang dibutuhkan sekitar 400 ml, dengan demikian kita akan dapatkan hasil perasan santan yang kental.

Baca Juga: Resep Membuat Sup Jagung Manis Lengkap

  • Mutiara yang sudah ada kita masukkan ke dalam panci yang berisi air mendidih, mengapa tidak direndam ke dalam air dingin saja ? Alasannya karena jika hanya direndam di air dingin hasilnya akan lengket satu sama lain dan hancur. Untuk proses perendaman di air mendidih kurang lebih 15 menit saja.
  • Masukkan bubuk vanili, gula pasir, gula merah dan daun pandan ke dalam panci yang berisi mutiara sambil diaduk-aduk perlahan, pastikan agar mutiara tidak lengket di dasar panci. Proses ini memakan waktu 30 menit.
  • Kini didihkan santan yang sudah dipersiapkan, baik santan kemasan atau perasan, usahakan agar santan tidak pecah. Tipsnya selalu gunakan api kecil dan saat mengaduk perlahan.
  • Sajikan bubur mutiara ke dalam gelas atau mangkuk kemudian siram dengan santan secukupnya, tambahkan susu kental manis ataupun es batu kalau suka.

Demikianlah tadi resep bubur mutiara yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah, semoga berhasil !­­­

 

 

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*