Cara Menjaga Kesehatan Mental Saat Masa Sulit

menjaga kesehatan mental
menjaga kesehatan mental/shutterstock.com

Menjaga kesehatan mental bagi setiap orang sangatlah penting, sebelum lebih jauh membahas soal ada baiknya kita ketahui dahulu definisi dari mental itu sendiri. Secara harfiah mental dapat diartikan sebagai hal yang berkaitan dengan intelektual sebagai kontras dengan aktivitas emosional dari seorang manusia dalam menghadapi atau menyikapi sebuah masalah.

Secara sederhana adalah tentang bagaimana respon intelektualitas manusia dalam menghadapi sebuah masala kemudian kemudian kondisi emosional seseorang juga turut diuji. Membahas soal mentalitas kurang afdol rasanya jika tidak membahas cara menjaga kesehatan mental, mungkin beberapa orang memiliki masalah soal ini, bahkan Anda, Apa saja ? Mari kita lanjutkan saja pembahasannya.

  • Manajemen Emosi

Semua orang pasti pernah mengalami masa kritis, berbagai permasalahan di dunia ini bisa membuat sesseorang jatuh, putus asa, tak berdaya. Disinilah fungsi manejemen emosi, misalkan kita dalam posisi tersebut maka kita harus menerapkannya. Emosi tidak semerta-merta negative tapi bergantung pada bagaimana kita bisa menempatkan emosi yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Emosi negative bisa saja bermanfaat pada situasi tertentu, contoh dari manifestasi emosi negative adalah takut, kita hubungkan dengan aktivitas keagamaan, takut akan neraka jika tidak beribadah kepada Tuhan. Contoh lain menangis, apakah menangis itu negative ? Menangis tidak selalu terjadi karena hal buruk saja, menangis juga bisa terjadi ketika kita mendapati kabar menyenangkan, misalnya orang tua kita sembuh dari penyakit kanker padahal dokter sudah memvonis kematian dalam waktu dekat yang mana kan menimbulkan haru.

  • Kecemasan Merupakan Hal Yang Normal

Siapapun orang di dunia ini pasti merasakan rasa cemas, terlebih dalam menyikapi masalah yang pelik. Rasa cemas adalah sebuah respon saja dan tidak akan menimbulkan keberlanjutan ketika akal dan hati nurani masih bekerja sebagaimana mestinya. Sadar sepenuhnya bahwa setiap masalah yang hadir dalam kehidupan pasti akan berakhir jika kita mampu berusaha melewatinya, dengan begitu kesehatan mental akan terjaga dengan baik.

  • Berhenti Memikirkan Sesuatu Hal Yang Buruk Akan Terjadi

Membayangkan hal buruk akan terhjadi merupakan tindakan destruktif, destruktif dalam hal ini berarti merusak, apa yang diruak ? Tentu saja yang utama adalah mental. Sesulit apapun kondisinya sebisa mungkin kita harus berpikir dan berprasangka baik. Tetap positif seraya mengharap pertolongan Tuhan melalui doa adalah hal terbaik yang bisa dilakukan.

  • Manfaatkan Kecerdasan Intelektual

Kecerdasan intelektual ialah istilah umum untuk menjelaskan sifat pikiran manusia, didalamnya mencakup kemampuan berlogika, nalar, memecahkan masalah, mencari solusi atas berbagai permasalahan. Kita sebagai manusia yang diberi akal, sebaiknya memang dimanfaatkan untuk berbagai hal tak terkecuali dalam rangka untuk menjaga kesehatan mental.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar Dari Penyakit

Sebagai manusia kita sadar bahwa tidak bisa sepenuhnya sempurna, oleh karena itu ketika kita dihadapkan oleh situasi sulit lantas kita pasrah mengikuti kondisi yang ada, kita harus lawan keburukan yang menimpa kita, yakinkan diri bahwa kita tidak seharusnya berada diposisi tersebut. Semoga tips yang kami berikan bermanfaat untuk Anda, jangan lupa tebarkan aura positif di sekitar Anda agar kehidupan sosial antar individu dan golongan berjalan dengan lancar. Sampai berjumpa pada artikel selanjutnya !

 

 

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*