Cara Menerapkan Gaya Hidup Hemat Energi

hemat energi
hemat energi/shutterstock.com

Energi merupakan properti fisika dari sebuah obyek, suatu obyek memiliki energinya masing-masing dapat berpindah melalui berbagai macam medium. Dalam hukum kekekalan disebutkan bahwa energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan, energi sudah ada sejak sebuah obyek benda ada dan ketika obyek benda tersebut rusak dan hilang maka energi bisa bertransformasi ke bentuk lain.

Misalnya energi listrik dapat dibuah menjadi energi panas dalam sebuah setrika. Maka logikanya energi listrik dapat bertransformasi menjadi energi panas setelah melalui melalui sejumlah proses konversi yang dihasilkan oleh komponen yang terdapat pada setrika yakni terdiri atas lilitan kawat nikel yang terbungkus keramik yang terlapisi material stainless steel sebagai penampang penghantar panas.

Itulah sedikit intermezzo mengenai energi yang ada di sekitar kita, membantu manusia dalam melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari. Pembahasan kali ini adalah mengenai gaya hidup hemat energi, energi yang dimaksud berkaitan dengan ketersediaannya di bumi baik energi terbarukan dan energi tak terbarukan

Seiring berjalannya waktu bumi semakin menua dan populasi penduduk kian hari semakin banyak tentu saja memerlukan lebih besar energi yang terpakai untuk memenuhi kebutuhan manusia, oleh karena itu gaya hiudp hemat energi sebaiknya sudah mulai di gaungkan dan mulai dilaksanakan oleh kita sendiri.

Secara sederhana kita bisa menghemat energi mulai dari penggunaan listrik di rumah, caranya dengan melakukan hal berikut ini:

  • Matikan lampu saat tidak terlalu dibutuhkan, meskipun daya listrik yang dikonsumsi tidak terlalu besar namun jumlah lampu di rumah ini setidaknya ada 4 -6 buah sehingga saat diakumulasi maka jumlahnya akan besar.
  • Lepas/cabut kabel alat elektronik saat tidak digunakan, sekalipun perangkat elektronik mati namun aliran listrik dari stop kontak masih mengalir, dalam hal ini masih ada oenggunaan listrik meskipun kecil.
  • Gunakan inverator khusus peralatan elektronik yang memiliki daya besar seperti kulkas, computer atau mesin cuci. Inverator berfungsi untuk memperhalus lonjakan arus listrik saat awal dinyalakan dari beban listrik.
  • Membiasakan untuk mematikan alat elektronik ketika sedang bepergian untuk mengurangi beban tagihan listrik saat tidak digunakan, terlebih demi keamanan rumah selama ditinggal mengurangi kemungkinan adanya korsleting listrik.

Selain hemat energi listrik masih ada lagi penghematan yang bisa dilakukan:

Hemat energi bahan bakar minyak (BBM), hal ini terkait dengan penggunaan kendaraan bermotor untuk mobilitas sehari-hari, caranya dengan melakukan beberapa hal ini:

Baca Juga: Tips Membangun Rumah dengan Budget Minimalis

  • Gunakan bahan bakar dengan oktan yang sesuai dengan tingkat kompresi mesin kendaraan, contoh sederhananya Anda menggunakan motor matic buatan 5 tahun terakhir biasnya memiliki kompresi yang tinggi, panduannya bisa Anda tanyakan kepada dealer ditempat Anda membeli, bahan bakar jenis apa yang cocok untuk motor Anda saat ini ada Premium Pertalite dan Pertamax, jadi gunakan salahsatu jenis bahan bakar tersebut untuk hemat energi bahan bakar.
  • Perhatikan angin pada ban mobil atau motor yang digunakan, pastikan tekanan angin pada ban sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan, kekurangan angin menyebabkan kinerja mesin semakin berat sehingga bahan bakar yang terpakai semakin boros.
  • Rutin servis kendaraan setiap 3 – 6 bulan sekali untuk menjaga performa mesin, performa mesin yang baik tentu pengaruhnya pada efisiensi atau hemat energi bahan bakar.

Demikianlah tadi tips mengenai cara menerapkan gaya hidup hemat energi, semoga bisa Anda terapkan pada kehidupan sehari-hari !

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*